Kualitas BBM Disebut Turun, Begini Penjelasan Pertamina

1490
Tumpukan kendaraan mengantre BBM di salah satu SPBU di Kota Pasuruan. Foto: Romadoni.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Beberapa waktu terakhir, warganet sempat mengeluhkan jika pertalite turun kualitas dan menyebabkan boros. Pertamina pun akhirnya buka suara.

Niaga Irto Ginting, Sekretaris Perusahaan Pertamina mengatakan, kualitas pertalite sudah sesuai dengan aturan. Pembelian melalui lembaga penyalur resmi, memiliki kualitas yang sama.

“Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dan Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (kilopascal),” jelasnya dilansir dari Kumparan.

Irto menyebut, jika kualitas BBM tidak sesuai spesifikasi, maka tidak akan disalurkan. Pengawasan pada lembaga penyalur, dilakukan secara ketat.

Baca Juga :   PLN UPT Malang dan Probolinggo Beberkan Bahaya Listrik yang Jarang Diketahui ke Warga Winongan

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyebut jika tidak ada penurunan kualitas Pertalite. Semua yang sudah tersalur, sudah satu standar.

“Itu isu aja, kemarin di TikTok itu ngeluh kurang, tapi tidak tahu kapan belinya, terus tiba-tiba beli di operator lain,” tandasnya.

Sebelumnya beberapa warganet mengungkapkan, pasca harga BBM naik, kualitas malah turun. Bahkan disebut jika BBM sekarang lebih mudah menguap. (may/asd)