Inilah Persiapan Fisik dan Mental Sebelum Berangkat Haji yang Harus Dipahami Para CJH

174

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi Calon Jamaah Haji (CJH) hendaknya memperhatian persiapan fisik dan mental sebelum berangkat ke Tanah Suci. Pasalnya, selama beribadah nanti akan melakukan banyak kegiatan.

Seperti mengelilingi Kabah dalam thawaf, melakukan lari-lari kecil antara Shafa dan Marwa, berada di Padang Arafah untuk wukuf, hingga melempar jumrah.

Maka dari itu, Bolo tentu harus bisa menjaga kondisi fisik dan mental. Sebab, persiapan fisik dan mental yang matang sangat penting menjelang pelaksanaan ibadah haji.

Lantas, apa saja persiapan fisik dan mental sebelum berangkat haji yang harus disiapkan? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

Persiapan Fisik

  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium agar kekuatan tulang semakin optimal.
  • Para jemaah haji harus mengonsumsi cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi.
  • Perhatikan pola makan yang seimbang dan hindari makanan yang berisiko menyebabkan penyakit.
Baca Juga :   Antri Haji Puluhan Tahun, Para CJH Kota Pasuruan Akhirnya Ikut Pemasporan

Persiapan Mental

  • Melakukan kelola stres yang dirasakan, perbanyak istirahat, dan lakukan kegiatan yang bisa membuat Bolo merasa lebih tenang sebelum melakukan ibadah haji.
  • Saling memaafkan dan berdamai jika Bolo memiliki konflik atau masalah dengan orang lain, berusahalah untuk memaafkan dan berdamai sebelum berangkat ibadah haji.
  • Perkuat hubungan spiritual Bolo dengan membaca Al-Quran, berdoa, dan berdzikir secara teratur.
  • Bangun koneksi yang kuat dengan mendekatkan diri kepada Allah dan perkuat keyakinan Bolo dalam menjalankan ibadah haji.

Itulah persiapan fisik dan mental menjelang Ibadah haji. Oleh karena itu, persiapkan dengan baik agar lebih siap menghadapi ibadah di Tanah Suci nantinya. (tra/trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.