22:04 - Senin, 11 Desember 2017
Rabu, 4 Oktober 2017 | 13:54

1385 Personil Gabungan Dikerahkan, Amankan Pilkades Serentak

Bangil (wartabromo.com) – Sedikitnya 1385 personil dikerahkan untuk pengamanan di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 7 Oktober 2017 nanti. Jumlah tersebut mencakupi 1085 personil kepolisian bersama 300 personel dari Kodim 0819 Pasuruan dan Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Raydian Kokrosono, setelah apel pengamanan Pilkades, di komplek perkantoran Pemkab Pasuruan di Raci, Rabu (4/10/2017).

“Ada beberapa desa masuk wilayah hukum Polres Pasuruan Kota, jadi jumlah personel yang diback up langsung oleh Kota juga sebanyak 500 personel. Seluruhnya akan kita kerahkan pada saat pelaksanaan Pilkades, baik pada saat malam menjelang persiapan sampai dengan rekapitulasi penghitungan suara,” kata Raydian.

Bersama petugas satuan lain, pihaknya akan menerjunkan 585 personel yang akan ditugaskan di semua TPS (Tempat Pemungutan Suara) tersebar di 46 desa di 20 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Selain personel kepolisian, pengamanan Pilkades juga akan diback up oleh 300 personel yang berasal dari Kodim 0819 Pasuruan dan Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

Sedangkan ia menyoroti potensi kerawanan keamanan, terutama pada saat rekapitulasi suara.
Ia pun kemudian mengajak masyarakat utamanya para pendukung masing-masing calon kepala desa untuk sama-sama menjaga kondusifitas.

“Terlepas dari menang atau kalah, saya minta kepada semua calon maupun pendukung kepala desa untuk sama-sama legowo dengan hasil apapun, karena pada intinya bukan memilih kepala desa saja, tapi mencari figure pemimpin yang akan membawa kemajuan bagi desa itu sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Mas Gagah, sapaan akrab Wakil Bupati Riang Kulup Prayudha menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk sama-sama berpartisipasi dalam Pilkades 2017. Tujuannya tak lain untuk sama-sama mencari sosok kepala desa yang dapat menjaga amanah serta keinginan warga desa yang akan dipimpinnya.

“Anggap saja ini seperti biasanya, jadi menang atau kalah itu adalah hal yang wajar. Kita tunjukkan kedewasaan sebagai seorang penduduk atau bagian dari masyarakat,” ucap Gagah di sela-sela acara.

Di sisi lain, gelaran Pilkades 2017 di Kabupaten Pasuruan akan diwarnai dengan keikutsertaan calon kepala desa perempuan. Uswatun Jamilah (43), salah satu calon kepala Desa Beji mengapresiasi ajakan damai di Pilkades 2017 serentak.

“Saya siap menang dan siap kalah, apalagi pagi ini saya juga membaca Ikrar Kepala Desa untuk sama-sama menjaga kondusifitas keamanan di Kabupaten Pasuruan,” ujar perempuan yang juga sebagai karyawan perusahaan perikanan di Beji itu.

Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2017 serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober mendatang, sebanyak 158 calon kepala desa di Kabupaten Pasuruan, mengikuti Apel Pengamanan Pilkades 2017 di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Rabu (04/10/2017) pagi.
Apel dipimpin Kapolres Pasuruan, AKBP Raydian Kokrosono, dihadiri Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayudha, Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Mulliadi, Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Rizal Martomo.

Selain itu, para Kepala OPD di jajaran Pemkab Pasuruan dan ratusan peserta apel lainnya yang terdiri dari Satpol PP, Linmas, Kepolisian dan TNI. (mil/ono)

Filed in

158 Calon Kades Ikrar Damai Hadapi Pilkades Serentak

Dion : Pilkades adalah Ajang Silaturahim