Seorang Jamaah Haji Kota Pasuruan Pulang Lebih Awal, Ada Apa?

2199
Muhammad Izharudin (25), jamaah haji asal Kota Pasuruan yang pulang awal. Izharudin paling belakang yang berkaca mata.

Pasuruan (wartabromo.com) – Seorang Jamaah haji asal Kota Pasuruan kembali ke tanah air lebih awal dari jadwal yang ditentukan. Ini lantaran waktu kepulangan bertepatan dengan jadwal masuk kuliahnya di Taiwan.

Jamaah haji tersebut bernama Muhammad Izharudin (25), warga Jl Merpati Nomor 25 RT 01 RW 06, Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo. Ia termasuk dalam rombongan asal Kota Pasuruan yang dijadwalkan akan pulang pada 5 September 2018 mendatang.

Izharudin merupakan mahasiswa baru yang menempuh Pendidikan S2 di National Cheng Kung University, Taiwan. Sebelum kegiatan pembelajaran, pemuda ini harus mengurusi beberapa keperluan seperti registrasi ulang.

“Kebetulan waktunya sangat mepet dengan jadwal masuk kuliah, dan saya harus melakukan registrasi ulang sampai urusan pembayaran kuliah, medical check up dan sebagainya. Maka dari itu saya memutuskan untuk pulang duluan,” kata Izharudin saat dihubungi via telepon, Senin (03/09/2018).

Dikatakan, Izharudin harus mengurusi beberapa berkas penting, sebelum mendapatkan Izin Tanazzul (pulang lebih dulu) di Daerah Kerja (Daker) Makkah. Meski harus bolak-balik, namun pemuda ini melaku tidak ada kesulitan yang berarti untuk mengurusi perizinan tersebut.

“Capeknya cuma bolak-balik ke Daker saja, tapi kalau berkasnya semua sudah saya siapkan, jadi mudah,” ujarnya.

Setelah proses perizinan selesai, Izharudin kembali ke tanah air bersama rombongan jamaah haji asal Banyuwangi di Kloter 2, tepatnya tanggal 27 Agustus lalu. Ia sudah tiba di Kota Pasuruan keesokan harinya.

Hingga berita ini ditulis, Izharudin sudah berada di Taiwan dan bersiap untuk menempuh bangku perkuliahan sebagai mahasiswa baru.

“Alhamdulilah bisa kuliah di sini melalui beasiswa. Tahun ini ada 24 mahasiswa dari Indonesia, dan saya beruntung ada dalam jumlah tersebut,” pungkas remaja berkacamata ini. (mil/may)