Sebelum Terbakar, Sempat Terlihat Percikan Api di Atas Pabrik Kerupuk

1578

Pasuruan (wartabromo.com) – pabrik kerupuk di Jl Hasanuddin Kota Pasuruan, ludes terbakar, Kamis (13/9/2018). Sempat terlihat percikan dari sebuah kabel listrik, hingga kemudian api melahap seluruh isi bangunan pabrik.

Hal itu terungkap dari kesaksian Edi Purnomo (55), pemilik gudang yang bersebelahan dengan pabrik kerupuk ikan terbakar itu. Ia mengatakan sebelumnya tengah asik bersantai, berada di sekitar tempat fitness, yang lokasinya tidak jauh dari gudang terbakar.

“Tiba-tiba ada teriakan (warga), memanggil saya dan mengatakan pabrik terbakar. Ia sempat melihat ada percikan api,” terang Edi, korban kebakaran ini.

Dijelaskan kemudian, percikan api itu bersumber dari kabel listrik yang diperkirakan korsleting, berada di atas bangunan pabrik, hingga kemudian muncul api yang langsung menjalar ke seluruh bangunan.

Baca Juga :   Tak Beri Hutangan Ban, Tukang Tambal Ban Ditebas Parang

Edi waktu itu, menyaksikan api sudah membesar di pabrik milik Embun tersebut. Upaya memadamkan api juga tidak berhasil dilakukan, karena keterbatasan alat.

Si jago merah mengamuk dan membakar seluruh isi pabrik kerupuk. Angin kencang membuat kondisi kian parah. Pasalnya, gudang miliknya pun terbakar, selain juga merembet ke sebuah rumah milik Yuni Ester (60).

Api di ketiga bangunan yang berdekatan dengan gedung SD/SMP Pancasila itu, terus saja membara, tak terbendung, sampai sebuah mobil PMK dari Pemkot Pasuruan datang.

Berangsur-angsur api mulai bisa dijinakkan, setelah 4 mobil damkar dari Kota dan Kabupaten Pasuruan, bergantian menyemprotkan air hidran ke arah bara api.

“Sebelumnya juga sempat juga terdengar ledakan. kayaknya dari tabung elpiji yang terkena api,” imbuh Edi.

Baca Juga :   Badut Dangdut Mengais Rejeki Ditengah Kemacetan Arus Lalu Lintas

Dari pantauan, selain membakar pabrik kerupuk, gudang dan rumah, sebuah mobil boks juga hangus dilalap si jago merah.

Sementara, sampai warta ini disusun,. beberapa petugas damkar masih terlihat di sekitar lokasi kebakaran, meski telah menghentikan penyemprotan air di areal terbakar.

Polisi tidak mendapat laporan adanya korban dan belum dapat menyimpulkan, penyebab pasti kebakaran ini. Tim Labfor Polda Jatim rencananya dikerahkan, untuk memastikan penyebab amukan api di Jl Hasannudin Kota Pasuruan ini. (ono/ono)