12:07 - Rabu, 18 Juli 2018
Kamis, 18 Desember 2014 | 19:29

PAUD Ini Kurikulumnya Berbasis Lingkungan

paud wanjati

foto : fb yudi wahyu

Pandaan (wartabromo) – Berawal dari tidak adanya kelompok bermain bagi anak-anak usia balita, sejumlah ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Karangjati (Wanjati) akhirnya berinisiatif untuk mendirikan Pos PAUD Wanjati Junior.

Bangunan Pos PAUD tersebut dinamakan Gerakan Karya dan Suara Perempuan Indonesia(Griya Super) yang didirikan di atas lahan pribadi milik salah seorang pengurus Wanjati.

Kegigihan dan semangat para ibu-ibu tersebut akhirnya membuat perusahaan air mineral merek terkenal, AQUA grup yang ada di wilayah Pandaan memberikan perhatian dan fasilitas dengan menyediakan bangunan panggung yang dibuat dari bambu dan dibangun secara gotong royong oleh warga.

Yang membuat unik, PAUD ini yang telah meluluskan 40 anak balita tersebut memiliki sisipan kurikulum pendidikan lingkungan untuk usia dini. Anak-anak balita yang kini berjumlah sekitar 20 anak tersebut belajar mengelola sampah seperti memilah sampah hingga mengetahui istilah bank sampah.

Pos PAUD Wanjati Junior sendiri, pada tahun ini berhasil mendapatkan penghargaan silver Indonesia CSR Award 2014 sebagai salah satu program terbaik dari 8 program CSR lainnya di Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) bekerja sama dengan Badan Sertifikasi Nasional (BSN) dan dukungan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, bahkan menyerahkan secara langsung sertifikat penghargaan ICA 2014 kepada perwakilan dari setiap program CSR tersebut, beberapa waktu lalu.

Komite Penilai ICA 2014 terdiri atas unsur BSN, Perguruan Tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Asosiasi dan Profesional Independen, Komite CSR dan Badan Kompetensi CSRO ditambah dengan nara sumber dari berbagai lembaga pemerintah dan non-pemerintah yang telah teruji kredibilitasnya dalam kegiatan CSR Awards, GKPM Awards dan KSN Awards.

CFCD adalah sebuah forum perusahaan dalam bidang CSR yang menyadari bahwa perusahaan harus bergiat membangun good business ethic, good corporate governance dan good corporate citizenship.

Di wilayah Pasuruan, selain PAUD Wanjati, program pendidikan lingkungan Sekolah Sahabat Mata Air (SSMA) di Kebon Candi juga mendapatkan penghargaan serupa.

Program tersebut merupakan proses kaderisasi, kampanye dan kegiatan aksi yang melibatkan siswa, guru dan pemangku kepentingan di sekitar sekolah untuk mencapai sekolah yang berwawasan lingkungan.

Kegiatan SSMA meliputi mimbar konservasi seperti penanaman pohon, 1 hari tanpa asap, program kali bersih. SSMA melibatkan 5 sampai 10 sekolah tingkat SMP dan SMA se-kabupaten Pasuruan. MSaat ini telah ada 4 sekolah mendapat predikat Adiwiyata, 60 kader dan 8 sekolah menerapkan kurikulum berbasis lingkungan. (yog/yog)

Filed in

Cerita Bu Kades Cantik Pendiri Cafe Pocong

Galang Dana Longsor Banjarnegara, Siswa Berharap Tak Terjadi di Pasuruan