Sungai Tercemar, Warga dan Petani Tambak Menjerit

    0
    3
    Resah - Sejumlah warga dan Petani Tambak Desa Raci resah dengan terbuangnya limbah pabrik ke sungai tembelo

    Bangil (wartabromo) – Warga dan Petani tambak di Desa Raci Kecamatan Bangil, Pasuruan menjerit dan dibuat resah oleh kondisi air Sungai Tembelo yang melintas di daerah tersebut tercemar oleh limbah yang berwarna putih dan berbau sangat anyir.

    Limbah tersebut keluar dari saluran pembuangan pabrik pembuat bahan baku pasta gigi yang berada di dalam kawasan industri PIER.

    Menurut salah seorang warga yang juga petani tambak di daerah tersebut, kondisi ini sudah berulang kali terjadi bahkan warga juga kerapkali berunjuk rasa namun tak pernah mendapatkan tanggapan.

    Limbah berwarna putih dan berbau sangat anyir tersebut kini mulai berpengaruh terhadap kualitas air sungai tembelo serta sangat merugikan produktifitas petani tambak.

    “Banyak udang windu dan vaname yang mati,” ujar wahyudi, salah seorang petani tambak.

    Limbah yang dikeluarkan oleh saluran pembuangan pabrik tersebut sudah berlangsung sejak  bulan Juni lalu namun hingga kini belum ada tindakan dari pihak pabrik maupun dinas terkait.

    “Sudah kami laporkan melalui pemerintahan desa  tapi belum ada respon,” tambahnya yang diamini pula oleh sejumlah petani tambak lainnya. (h8/yog)