15:11 - Senin, 24 November 0031
Selasa, 31 Desember 2013 | 12:18

Dana Kampanye PKS 298 Juta, Golkar dan Hanura Cuma 100 Ribu

PERSEDIAAN UANG TUNAIKejayan (wartabromo) – Dua belas parpol peserta pemilu 2014 di Kabupaten Pasuruan telah melaporkan sumbangan dana kampanyenya kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pasuruan. Sayangnya, dari pelaporan tersebut ada sejumlah Parpol yang pelaporannya tidak wajar.

Empat parpol yakni Partai Keadilan Sejahtera, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendominasi perolehan sumbangan dana kampanye terbanyak dengan rata-rata sumbangan di atas Rp 50 juta. Namun, ada juga dua parpol yang sumbangan dana kampanyenya tidak wajar yakni hanya Rp. 100 ribu saja.

“Memang dari pelaporan yang disampaikan, ada dana kampanye yang wajar dan tidak. Tapi, kita semua serahkan kepada masyarakat yang menilai,” ujar Komisioner KPUD Kabupaten Pasuruan, Hari Moerti, Selasa (31/12/2013).

Dijelaskannya, pelaporan penerimaan sumbangan dana kampanye oleh Parpol tahap pertama secara administratif sudah disampailan oleh Parpol kepada KPUD pada tahap pertama ini. Kendati demikian, pihaknya kemudian menyerahkan sepenuhnya kepada pihak akuntan publik atas kebenaran laporan tersebut.

Dari ke-12 Parpol yang ada, Partai Keadilan Sejahtera menerima sumbangan dari para calegnya dengan nilai cukup besar dibandingkan parpol lain yakni mencapai Rp. 287 juta, disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakni Rp. 50 juta, Partai Amanat Nasional (PAN) yakni Rp. 44 juta dan Partai Bulan Bintang (PBB) yakni Rp. 15 juta. Sementara Parpol lainnya, sumbangan hanya berasal dari internal Parpol dan ada dua parpol yang dananya juga berasal dari dana perseorangan yakni PKS dan PBB. Selengkapnya klik disini.(yog/yog)

Komentar Anda

Komentar

Nyapres, Rhoma Irama Minta Dukungan Wong Pasuruan

Molor dari Jadwal, RAPBD Pasuruan Belum Disahkan