15:11 - Senin, 22 November 4275
Senin, 8 September 2014 | 21:42

Selain Pasuruan, Upal ‘Bapak Khosim’ Juga Edar ke Kediri dan Semarang

Bangil (wartabromo) – Uang palsu pecahan seratus ribu senilai Rp20 juta yang diamankan di jasa pengiriman barang JNE, Pandaan, selain akan disebar di Pasuruan juga akan dikirim ke Kediri hingga Semarang.

Upal tersebut dibungkus dengan kotak kardus kecil yang didalamnya juga berisi kertas koran serta air mineral dalam kemasan sebagai pemberat. Kardus tersebut tertera tulisan sparepart motor untuk mengelabuhi. Paket tersebut juga terterah ‘Bapak Khosim’ sebagai pihak yang menerima.

Khosim (53), warga Desa Banjarsari Kecamatan Pandaan Pasuruan dan Budiantoro (49) warga Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang juga turut diamankan polisi.

Keduanya ditangkap saat akan mengambil paket berisi upal pecahan Rp 100.000 sebanyak Rp 20 juta yang dibungkus kardus di sebuah kantor jasa pengiriman barang di wilayah Kecamatan Pandaan, Pasuruan. Upal pecahan Rp 100.000 tersebut diikat dengan dua kertas pengikat bertuliskan logo Bank BCA, masing-masing sebanyak Rp 10 juta.

“Rencananya upal akan diedarkan di wilayah Pasuruan dan Kediri. Dari pengakuan tersangka, juga dipasarkan hingga Semarang,” kata Kapolres Pasuruan, AKBP Ricky Purnama, Senin (8/9/2014).

Saat ini, polisi sudah melakukan upaya penangkapan pelaku di Denpasar Bali, dan sudah dikembangkan ke wilayah Semarang.

“Mereka mengaku sudah mengedarkan uang palsu sejak tiga bulan yang lalu dan sudah mendapatkan kiriman dari Bali. Mereka sudah pernah mengedarkan sebanyak tiga kali,” jelas Ricky.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku bakal dijerat dengan pasal 245 KUHP tentang menyimpan dan mengedarkan uang palsu. Pelaku akan dikenakan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Polisi Amankan Upal Senilai Rp 20 Juta

Polisi Probolinggo Amankan Moge Bodong