Kabupaten Pasuruan Raih Wahana Tata Nugraha

0
4
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf di Car Free Day di Pandaan.

Pasuruan (wartabromo) – Kabupaten Pasuruan menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha untuk Kategori Lalu Lintas pada Kota Sedang, yakni Pandaan.

“Tahun lalu hanya menerima plakat, akhirnya Kabupaten Pasuruan meraih Piala WTN,” kata Heri Yitno, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan, Rabu (5/9/2016).

Penghargaan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 588 Tahun 2016 tentang Penerima Penghargaan Wahana Tata Nugraha untuk Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota tahun 2016.

“Kami sangat bersyukur karena piala ini adalah kado untuk Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1087, dan ini berkat doa dan kerja keras dari semua pihak. Hanya saja, untuk kepastian kapan Bupati Irsyad akan menerima Piala ini, kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kementerian,” katanya.

Untuk dapat meraih Piala WTN, Kabupaten Pasuruan harus dapat memenuhi semua persyaratan, mulai dari ketertiban pengguna jalan hingga sarana prasarana yang ada di wilayah penilaian. Semua tahapan harus dapat dilalui dengan baik. Tahapan yang dimaksud dimulai dari Tahap I yakni Administrasi dan kelengkapan data dari semua lokasi yang akan dinilai oleh timnya, di mana hal itu sudah dilakukan beberapa bulan lalu.

Selanjutnya adalah Tahap I, yakni Penilaian Survey Lapangan, di antaranya penilaian cara dan metode pengujian kendaraan bermotor, hingga pengecekan kondisi dan situasiTerminal Pandaan dan seluruh ruas jalan di kecamatan pandaan.

Kata Heri, perihal ketertiban pengguna jalan, pihaknya telah melakukan banyak sosialisasi, baik melalui media massa hingga pemasangan baliho, banner, spanduk, pamvlet dan sejenisnya yang dipasang di titik-titik tertentu.

“Pokoknya kita ingin masyarakat mengetahui apa saja yang harus dipatuhi ketika berada di jalan, baik itu masalah parkir kendaraan, rambu lalu lintas sampai aturan yang lain selama menggunakan sarana prasarana di jalan raya,” imbuhnya.

Begitu juga dengan sarana prasarana, Dinas Perhubungan kata Heri telah melakukan banyak pembenahan, diantaranya kecukupan fasilitas di terminal Pandaan hingga peningkatan pelayanan pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor.

“Di terminal Pandaan kita perbanyak ruang tunggu bagi para penumpang, kemudian ada banyak informasi trayek atau jurusan yang akan dilalui oleh kendaraan umum, musholla dan kebersihan terminal yang juga kita jaga dengan baik. Sedangkan untuk UPTD Pengujian Kendaraan Bemotor, semua pelayanan kita maksimalkan dan semuanya sekarang melalui proses onlinenisasi,” pungkasnya. (mil/fyd)