Koperasi Wanjati Binaan Aqua Pandaan Gelar Rapat Anggota Tahunan

0
75

Pandaan (wartabromo.com) – Koperasi Wanjati Abadi Lestari yang berada di bawah naungan Corporate Sosial Responsibility (CSR) Perusahaan Aqua di Pandaan kembali menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT), Sabtu (4/2/2017).

Kegiatan tarsebut dilaksanakan di Gedung Paud Wanjati Junior di Dusun Jatianom, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Koordinator CSR Aqua Pabrik Pandaan, Mulyono Wibisono mengatakan, rapat anggota tahunan tahun ini merupakan agenda tahunan sekaligus pelantikan pengurus baru koperasi tersebut.

IMG-20170204-WA0071

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya berharap para anggota koperasi yang didominasi oleh ibu rumah tangga semakin meningkat pengembangan usaha mandiri baik melalui bank sampah maupun pengolahan tanaman pekarangan yang bermanfaat dan menghasilkan.

“Harapan saya, di tahun ini nantinya setiap anggota yang mengajukan pinjaman untuk menambah pengembangan lima tanaman yang dapat bermanfaat bagi keluarganya seperti cabai, terong, kelor, kemangi dan juga tomat,” kata Wibi.

IMG-20170204-WA0069

Ia menambahkan, dari lima tanaman itu telah disetujui bahwasanya akan dipilih minimal dua tanaman yang akan ditanam oleh anggota koperasi.

Pihaknya juga berharap jika nanti itu benar – benar terlaksana maka nantinya Dusun Jatianom Desa Karangjati akan menjadi Dusun yang bisa yang hijau dengan keberadaan tanaman – tanaman tersebut.

“Alhamdulillah tadi telah disetujui nantinya anggota akan menanam minimal dua tanaman dari lima itu. Dan jika nanti itu berjalan maka kampung Jatianom akan menjadi kampung semisal dipilih terong, maka kampung ini akan menjadi kampung terong,” jelas Wibi.

Sulastri (65), yang merupakan anggota koperasi Wanjati menyambut baik program yang ditawarkan kordinator CSR itu, ia mengaku sangat setuju dengan ide tersebut.

“Saya setuju sekali. Kan dari jenis tanaman itu memang dibutuhkan sehari-hari dan nantinya gak usah beli lagi tingga ambil sendiri saja,” kata Sulastri yang merupakan anggota Koperasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan dan Pengawasan Dinas Koperasi Kabupaten Pasuruan, Susiani yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, rapat anggota tahunan ini merupakan suatu keharusan bagi pengurus dan pengawas koperasi yang dilakukan setiap tahun.

“Ini merupakan kewajiban bagi pengurus dan pengawas satu koperasi. Makanya dilaksanakan setiap awal tahun setelah tutup buku 2016 dan membertanggung jawabkan kepada pengawas dan anggota,” kata Susiani.

Menurutnya, Koperasi Wanjati Abadi Lestari yang telah berdiri sejak tahun 2010 dan sudah berulang kali menggelar rapat anggota tahunan menunjukkan keberhasilan pengurusnya dalam mengelola meneken koperasi secara baik. (****/ros)