Kawanan Hiu Tutul Kian Akrab Sapa Wisatawan Pantai Duta

0
196

Paiton (wartabromo.com) – Kawanan hiu tutul rupanya kian betah berenang di perairan pantai Duta, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton. Buktinya, pada Sabtu (11/2/2017) ini, ikan raksasa ini menyapa pengunjung hingga jarak 50 meter dari pantai.

Whale Shark ini, sejak Desember lalu berada di perairan pantai Duta. Hingga saat ini puluhan satwa yang sering disebut hiu paus itu masih berkeliaran di perairan ini dan belum menunjukkan akan pergi. Pemakan plankton ini tampak kerasan berada diperairan ini.

Jika pada awal kemunculannya, puluhan hiu tutul masih terpantau di perairan dangkal dengan jarak sekitar 500 meter dari pantai. Ikan ini hanya terlihat secara samar-samar oleh pengunjung pantai Duta dan untuk melihatnya harus menggunakan perahu.

IMG-20170211-WA0037

Namun, sejak Sabtu pagi, pengunjung pantai Duta dapat melihat dari jarak yang sangat dekat. Karena ikan dengan panjang antara 4 hingga 8 meter ini, berenang hingga bibir pantai.

“Tadi airnya tenang dan saya lihat gerombolan hiu tutul sangat dekat. Sangat besar sekali, sayang tadi tidak sempat membawa kamera,” tutur Rahmat Hidayat, salah satu pengunjung pantai Duta.

Bagi pengunjung yang tak mau berbasah ria dan ingin mengabadikan satwa yang dilindungi ini, dapat menggunakan perahu wisata. Cukup membayar Rp. 5 ribu saja, pengunjung bisa sepuasnya mengabadikan momen langka itu.

Menurut Saiful, salah satu petugas pantai Duta, pihaknya mengira hiu tutul itu terdampar. Karena kemunculan hiu tutul itu sangat dekat dengan bibir pantai. Pasalnya, lokasi merupakan batas pengunjung berenang menggunakan ban.

“Tadi dikira kandas, tapi ternyata tidak. Saat angin mulai bertiup, hiu itu berenang kembali ke tengah,” terangnya.

Perairan pantai Duta selalu didatangi puluhan hiu tutul pada bulan Desember-Januari-Februari. Mereka menuju perairan hangat di mana terdapat banyak sumber makanan.

Selain di pantai Duta, kawanan hiu tutul juga sering datang ke perairan pantai Bentar, Kecamatan Gending. (saw/saw)