13:34 - Selasa, 21 November 2017
Kamis, 20 April 2017 | 11:33

120 Warga Binaan Gelar Khataman Al-Qur’an Massal Di Rutan Kraksaan

Kraksaan (wartabromo.com) – Sebanyak 120 warga binaan (WB) di Rutan Kelas IIb Kraksaan Kabupaten Probolinggo, melaksanakan khataman Alquran, Kamis (20/4/2017).Tujuan mencari barokah dan hidayah dari Allah SWT, selepas menjalani hukuman.

Mereka ini adalah sebagian dari 326 warga binaan yang telah diseleksi sebelumnya oleh pembina rohani Rutan. Dengan pakaian serba putih, para warga binaan ini dibagi dalam 3 kelompok beranggotakan 40 orang dan membaca Alquran sebanyak 30 jus. Khataman Alquran ini dipimpin oleh KH. Mohamad Haris Damanhuri, salah satu pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong.

“Per orang membaca satu juz Alquran, kalau ada yang selesai terlebih dahulu akan membantu temannya yang belum selesai,” ujar Muhammad Taufik Hidayatullah, salah satu pembina rohani Rutan Kelas IIb Kraksaan.

IMG-20170420-WA0047

Menurut Kepala Rutan Kelas IIb Kraksaan, Mohamad Kafi, kegiatan khataman Alquran ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia untuk menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-53.

“Khataman Alquran untuk memberikan siraman rohani bagi warga binaan, karena akan memberikan perbaikan karakter. Sehingga tumbuh pribadi yang baru setelah menjalani pembinaan di rutan,” tuturnya.

Diharapkan, setelah selesai menjalani hukuman, warga binaan yang telah kembali ke masyarakat dapat dengan tekun beribadah kepada Allah SWT. Dengan mempunyai kepribadiannya yang baik, mereka tidak akan mengulang kembali perbuatan kriminal yang pernah mereka lakukan sebelumnya.

Selain memberikan siraman rohani, juga bertujuan mencegah adanya tawuran antar narapidana yang acap kali terjadi di beberapa Lapas atau Rutan. “Tentu dengan siraman rohani ini, hati mereka menjadi sejuk dan sabar,” katanya lebih lanjut.

Menurut pria asal Pulau Madura ini, kegiatan khataman Alquran ini akan menjadi tradisi yang akan terus dilaksanakan di Rutan Kelas IIb Kraksaan ke depannya. “Dengan mengikuti pembacaan Alquran secara massal ini, saya merasakan ketenangan jiwa. Semoga setelah keluar dari sini, kami mendapat hidayah dari Allah,” harap salah satu warga binaan, Joyo Susanto. (saw/saw)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Ulang Tahun ke-62, Walikota Setiyono Undang Pejabat Sampai Tukang Sapu

Warga Suku Tengger Gelar Ritual Pujan Kesanga