11:54 - Rabu, 18 Juli 2018
Jumat, 21 Juli 2017 | 15:06

Mesin Pengering Meledak, Gudang Pabrik Kayu Terbakar

Leces (wartabromo.com) – Sebuah gudang di pabrik pengolahan kayu di Desa Malasan Kulon, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, dilalap si jago merah, Jumat (21/7/2017). Diduga kebakaran itu disebabkan oleh overheating mesin pengering kayu.

Berdasarkan keterangan sejumlah warga, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dinihari, Juma’at (21/7/2017).

Pada saat itu pabrik tengah beroperasi dan tiba-tiba terdengar suara ledakan dan kemudian disusul dengan kobaran api dari dalam pabrik.

“Saat itu asap mengepul dan api berkobar, sangat jelas terlihat dari luar pabrik,” kata Slamet, warga sekitar pabrik.

Karyawan pengolahan pabrik kayu UD Rimba Alam Leces pun berbondong-bondong mematikan api yang membakar gudang penyimpanan kayu.

Namun, bahan baku yang terbuat dari kayu membuat api tetap menyala bahkan semakin menggila.

Untuk memadamkan kobaran api, ada 6 unit mobil pemadam milik Pemerintah Kabupaten dan Kota Probolinggo dikerahkan.

Besarnya kobaran api, membuat usaha pemadaman sedikit terkendala. Setelah berjuang hingga pagi hari, api baru dapat dijinakkan. Terlihat petugas pemadam juga terus melakukan pembasahan hingga Jumat siang.

Beruntung kebakaran itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun, akibat kebakaran itu, pihak perusahaan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Sayangnya, pihak pabrik enggan memberikan dikonfirmasi terkait kebakaran tersebut.

Kapolsek Leces, AKP. Sugeng Wikhanto, mengatakan, pihaknya bersama unit Identifikasi Satreskrim Polres Probolingo masih melakukan penyelidikan atas terjadinya kebakaran tersebut.

Dari sejumlah keterangan, terungkap kemungkinan kebakaran itu disebabkan oleh overheating mesin pengering kayu yang meledak hingga membakar gudang.

“Begitu pula dengan total kerugiannya, masih belum kami hitung,” ujar mantan Kapolsek Pajarakan ini. (lai/saw)

Filed in

Semak Terbakar Dekat Tower Seluler, Bikin Panik Warga

Beri Aba-aba Buldozer, Mandor Proyek Tol Tewas Tertimpa Matrial Bongkaran Rumah