Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 6,9 M untuk Kewirausahaan Lulusan Buta Aksara

952

Pasuruan (wartabromo.com) – Selain melalui Keaksaraan Fungsional (KF), Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan berupaya menekan angka buta huruf melalui pengembangan keaksaraan usaha mandiri (KUM) dan kewirausahaan.

Iswahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan mengatakan, tahun ini sekitar 15.000 warga belajar yang sudah lulus keaksaraan dasar alias bisa baca tulis akan diajak untuk mengikuti KUM. Anggarannya pun sudah disiapkan, yakni Rp 6,900 Milyar yang nantinya akan diperuntukkan untuk 15.00 orang dari 1500 kelompok warga belajar dengan besaran per kelompok masing-masing Rp 4 jt-Rp 6 juta.

“Kita siapkan dari APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2017. Satu kelompok terdiri dari 10 orang yang akan kita dampingi terus dalam program ini,” kata Iswahyudi di sela-sela kesibukannya, Rabu (05/04/2017).

Baca Juga :   Jelang Natal, Polisi Sterilkan Gereja

buta huruf_1491444925473

Selama program berlangsung, Dispendik akan melakukan pelestarian atau pemeliharaan kemampuan keaksaraan dasar sekaligus diberikan pendidikan kecakapan hidup, baik soft-skill berupa sikap dan karakter maupun hard-skill dalam bentuk keterampilan vokasional. Salah satu bentuk real action (langkah konkrit) nya adalah mulai dari pembelajaran, praktek sampai dengan evaluasi.

“Jadi para warga belajar ini kita berikan modal keterampilan seperti cara membuat kue atau jajanan. Kalau sudah bisa, kita arahkan mereka untuk belajar menjual atau menjadi pengusaha jajanan kecil-kecilan sembari mereka terus mengasah kemampuan baca tulis mereka,” imbuhnya.

Menurut dia, melalui program lanjutan pascakeaksaraan dasar itu, banyak warga belajar dan akhirnya memiliki keterampilan dan mampu memiliki usaha, baik secara pribadi maupun kelompok (kelompok belajar usaha), sehingga akan lebih sejahtera.

Baca Juga :   DPRD Minta Pemkot Sediakan Penasehat Hukum Bagi Wawali Suhadak

“Tidak mudah menjalankan semua program tersebut. Harus ada kerja sama semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, lembaga penyelenggara pendidikan keaksaraan, para tutor dan juga warga belajar serta fasilitas pendukung,” ujarnya. (mil/yog)