Pembukaan Job Fair di Pasuruan Molor, Pencari Kerja Kesal

0
35
lowongan pekerjaan
Sejumlah Pencari Kerja duduk ‘ngemper’ di salah satu sudut gedung BLK menunggu pihak Dinsosnakertras membuka kegiatan Job Fair II / yogi / wartabromo.com

Pasuruan (wartabromo) – Sekitar 1300-an pencari kerja di wilayah Pasuruan dan sekitarnya menyerbu lokasi Job Fair 2014 di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pasuruan, Rabu (3/12/2014). Sayangnya, agenda pembukaan Job Fair II yang digelar oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan tersebut molor dari jadwal yang ditetapkan. Akibatnya, banyak pencari kerja kesal lantaran harus menunggu berjam-jam.

Aris (23) salah seorang pencari kerja asal Rejoso, Pasuruan mengaku sudah datang sejak pukul 07.00 wib bersama para pekerja lainnya, namun hingga pukul 10.30 wib, kegiatan tersebut tak kunjung di buka oleh pihak Panitia.

“Kayaknya panitia kurang persiapan, masa jam segini belum dibuka juga,” ujar Aris.

Menurutnya, seharusnya persiapan bisa dilakukan oleh pihak panitia sebelum para peserta datang ke lokasi, mengingat jumlah pencari kerja yang datang cukup banyak.

Pantauan wartabromo.com, meski ribuan pencari kerja sudah antri mengambil formulir, sejumlah perusahaan justru tampak baru memasang stand-nya.

“Kalau Job Fair yang di Pandaan dulu tepat waktu. Di sini kok mala molor,” katanya dengan nada kesal. Baca : Ada Job Fair di Pandaan, 5.129 Lowongan Pekerjaan Dibuka

Dari pantauan wartabromo di lokasi, molornya pembukaan Job Fair bagi para pencari kerja tersebut diakibatkan pihak panitia melakukan kegiatan seremonial pembukaan di tempat terpisah serta tidak bisa disaksikan secara langsung oleh para pencari kerja.

Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayuda yang membuka kegiatan ini berada di dalam gedung tertutup dan berkumpul bersama sejumlah undangan dan perwakilan menejer perusahaan. Prosesi pembukaannya pun berlangsung hampir selama 2 jam.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan diikuti oleh sebanyak 41 perusahaan dengan membuka 4.043 lowongan pekerjaan terdiri atas 355 lowongan untuk lulusan tingkat SLTP, 3.169 lowongan untuk tingkat SLTA dan 232 untuk tingkat Diploma serta 287 untuk tingkat Sarjana.

Kegiatan Job Fair ini sendiri merupakan kegiatan kedua kalinya selama tahun 2014 yang akan diselenggarakan selama 2 hari mulai tanggal 3 Desember sampai 4 Desember 2014, besok.

Untuk diketahui, hingga Nopember 2014 ini angka pengangguran di Kabupaten Pasuruan masih mencapai angka 3283 jiwa dengan jumlah angkatan kerja mencapai 905.668 jiwa dari total jumlah penduduk sebanyak 1.556.837 jiwa.

“Silahkan datang ke BLK di jalan rejoso, kita menyiapkan kemudahan pelayanan untuk pengurusan kartu kuning maupun foto copy,” promo Kadisosnakertrans, Yoyok Heri Sutjipto. (yog/yog)