03:54 - Senin, 16 Juli 2018
Rabu, 31 Desember 2014 | 12:04

Ribuan Jamaah Haul Romo Kyai Hamid ke-33 Banjiri Kota Pasuruan

haul kyai hamidPasuruan (wartabromo) – Ribuan manusia memadati alun-alun dan jalan-jalan protokol di Kota Pasuruan, Rabu (31/12/2014)pagi. Mereka berduyun-duyun menghadiri acara Haul KH Abdul Hamid ke -33 yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Salafiyah Kota Pasuruan.

Berdasarkan pantauan wartabromo di lokasi, arus jama’ah haul Kyai Kharismatik ini datang silih berganti untuk menuju lokasi haul dengan berjalan kaki. Pihak panitia dan aparat kepolisian pun menutup total arus kendaraan yang akan melewati jalur menuju alun-alun Kota Pasuruan antara lain perempatan kumala menuju Jalan niaga, Jalan Wahid Hasyim maupun jalan KH Abdul Hamid.

“Ini merupakan salah satu karomah beliau. Mereka datang tidak kita prediksi jumlahnya,” ujar KH Idris Hamid putra Almahfurlah KH Abdul Hamid saat menyampaikan sambutannya di dalam lokasi VIP haul yang ada di halaman Ponpes Salafiyah.

Para jamaah yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur seperti Jember, Probolinggo, Madura, Surabaya dan Kota-kota lain di Indonesia tersebut banyak yang memilih untuk duduk-duduk di bawah tenda di sepanjang jalan mulai dari jalan Niaga hingga jalan wahid hasyim. Bahkan ratusan jamaah juga memadati alun-alun serta masjid jami’ Al-Anwar Kota Pasuruan.

“Di sini saja, sudah kedengaran,” ujar salah seorang jamaah yang ikut berdiri saat pembacaan sholawat nabi.

Selain menyediakan tenda dalam posisi memanjang menuju lokasi Haul di sepanjang Jalan Niaga hingga jalan Wahid Hasyim, Pihak Panitia juga memasang pengeras suara di sejumlah titik. Jamaah juga bisa melihat secara langsung siaran lokal melalui layar televisi dari lokasi Haul di beberapa titik.

Untuk diketahui, Haul KH Abdul Hamid ke-33 kali ini dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah seperti Wakil Gubernur, Jawa Timur Saifullah Yusuf, Walikota Samarinda, Walikota Pasuruan dan puluhan masyayich dari berbagai daerah. (yog/yog)

Filed in

Jamaah Haul Kiai Hamid Bisa Bermalam di Pendopo Pasuruan

Ini Jalur dan Denah Haul KH Abdul Hamid ke-33