15:11 - Rabu, 24 November 9497
Selasa, 22 Maret 2016 | 11:07

Cegah Post Power Syndrome Jelang Pensiun, 134 PNS Diajak Piknik

Foto: Ilustrasi

Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 134 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan pensiun. Untuk menyiapkan mental sebelum purna tugas, Badan Kepegawaian Daerah memberikan pembekalan selama dua hari di Tretes.

Kepala BKD Kabupaten Pasuruan, Irianto, mengatakan selama pembekalan, para peserta menerima 3 materi, yakni materi kelas, psikologi dan ESQ, serta materi inspiratif selama 10 jam. Ketiga materi itu disampaikan oleh beberapa narasumber yang ahli di bidangnya, dengan harapan bahwa setelah memasuki masa purna tugas, para PNS tersebut tidak mengalami post power syndrome (kaget), selalu menjaga kesehatan, serta mandiri dalam segala hal.

“Kami ingin mewujudkan kesiapan psikologis PNS saat menjalani masa purna tugas dengan sejahtera dan memiliki kesibukan yang diciptakan sendiri,” kata Irianto, Selasa (22/3/2016).

Pembekalan dilaksanakan di Hotel Tretes Raya, Prigen, selama dua hari berturut-turut, yakni sejak 16-18 Maret 2016. Selain menerima materi di dalam ruangan, para PNS tersebut akan diajak ke Kampung Cokelat Blitar dan melaksanakan kegiatan industri rumah tangga, mulai dari cara memanen cokelat hingga membuat cokelat itu sendiri. Kata Irianto, seluruh PNS mengaku sangat antusias mengikuti pembekalan maupun orientasi lapangan selama 8 jam di Blitar.

“Tidak semua PNS khususnya guru bisa bolak-balik ke hotel atau melakukan piknik. Mungkin karena kesibukan atau tidak adanya jadwal untuk melakukan dua hal itu. Oleh karenanya, kami juga ikut antusias mengawal mereka semua,” imbuhnya.

Lebih lanjut Irianto menambahkan, dari 134 orang PNS yang akan pensiun mulai 1 April mendatang, sebanyak 101 orang berasal dari jabatan fungsional tertentu (JFT) yakni 97 orang guru dan 4 orang perawat, kemudian 12 orang berasal dari jabatan fungsional umum (JFU), 6 orang pejabat Eselon IV B, 4 orang dari pejabat eselon IV A, 3 orang dari pejabat eselon III B, dan 3 orang pejabat eselon III A.

“Satu orang yang menjabat Kepala Kantor KB dan PP yakni Pak Lavendi sudah pensiun per 1 maret 2016 lalu, sehingga atas nama Bupati Pasuruan, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada beliau,” ungkapnya. (mil/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Bupati Probolinggo Sampaikan Prestasi Kinerjanya Melalui LKPJ Tahun 2015

Peringati Hari Air se-Dunia, PWI Ajak Perusahaan Peduli Konservasi