15:11 - Senin, 23 November 1237
Sabtu, 26 Maret 2016 | 20:55

47 Pelajar Pasuruan Berjuang Meraih Bea Siswa ke China

Pelajar tengah mengerjakan soal ujian. WARTABROMO/Ilustrasi

Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 47 pelajar kelas XII asal Kabupaten Pasuruan memburu bea siswa ke China. Mereka sudah mengikuti seleksi online di SMAN I Bangil.

Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO), Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) kembali memberikan beasiswa kepada 1000 pelajar Indonesia berprestasi ke China, salah satunya Kabupaten Pasuruan.

Iswahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan mengatakan, kerja sama antara Pemkab Pasuruan dan SEAMEO-SEAMOLEC sudah berjalan di tahun ketiga, di mana kerja sama tersebut diwujudkan dalam MoU yang dilaksanakan awal maret 2016 lalu.

“SEAMEO-SEAMOLEC merupakan organisasi di bawah Kementerian Pendidikan se-Asia Tenggara yang memiliki program beasiswa ke China dengan target kuota 1000 pelajar SMA dan SMK dari seluruh Indonesia,” kata Iswahyudi, Sabtu (26/3/2016).

Ia mengatakan, program pendidikan yang bekerja sama dengan Pemerintah China menyediakan beasiswa D3 dan S1, dan diharapkan 47 pelajar Kabupaten Pasuruan bisa lolos seleksi. Program beasiswa tersebut merupakan salah satu bentuk harmonisasi dan percepatan pembangunan sumber daya manusia memasuki dunia internasional seiring diberlakukannya Asean Economic Community (AEC) sejak 2015, sehingga persaingan pekerja asing yang terlatih sudah tidak bisa dihindari.

“Kami berupaya mendidik para pelajar lulusan SMA dan SMK untuk mendaftar beasiswa ke Tiongkok agar nantinya diharapkan bisa menjadi tenaga terampil dan profesional yang siap ditempatkan didunia kerja internasional agar siap bersaing di dunia internasional,” tuturnya.

Menurutnya, beasiswa yang nantinya akan diberikan ada tiga jenis, yaitu Beasiswa Penuh meliputi biaya pendaftaran kuliah dan biaya Pendidikan atau “Tuition Fee”, Biaya hidup, dan asrama. Beasiswa yang meliputi biaya pendidikan dan asrama, serta Beasiswa 50 persen yang meliputi asrama, biaya hidup yang ditanggung 50 persen, dan biaya pendidikan juga ditanggung 50 persen.

“Syarat untuk mendaftar beasiswa antara lain memiliki motivasi tinggi, lima besar terbaik di sekolahnya, serta lulus seleksi seperti tes wawancara dan tes tulis. Beasiswa ini juga dibantu oleh pemerintah provinsi sebesar Rp 2 juta untuk pembuatan visa, dan lainnya, dan itu setiap bulan selama setahun,” jelasnya. (mil/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

10.000 Pelajar Probolinggo Doa Bersama Jelang UN

Panitia Ujian Nasional 2016 Dikukuhkan