16:51 - Sabtu, 25 November 2017
Sabtu, 23 April 2016 | 19:39

Bupati Probolinggo Kembangkan Wisata Air di Kawasan “Esek-esek” Rondoningo

Foto: Sundari

Kraksaan (wartabromo) – Sejak puluhan tahun, bantaran Kali Rondoningo, Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, dikenal sebagai tempat “esek-esek”. Tak ingin cap hitam itu terus melekat, Pemkab Probolinggo membuat terobosan untuk mengembangkan kawasan itu.

Perubahan yang dilakukan adalah dengan mengampayekan Kali Rondoningo dan bantarannya sebagai kawasan wisata air. Sebagai awalan, Pemkab menggelar Lomba Dayung di kali yang membelah Kota Kraksaan itu, Sabtu (23/4/2016).

Setidaknya ada 94 tim yang ikut mendayung dengan menggunakan perahu karet. Mereka berlomba-lomba menjadi yang tercepat dalam lintasan sepanjang 300 meter.

Dalam lomba yang pertama kali diadakan itu, banyak peserta yang hanya berputar-putar di tengah arus sungai yang mempunyai kedalaman sekitar 5 meter itu. Namun tak sedikit yang melaju lurus dan mulus menuju garis finis.

“Butuh kemampuan untuk menyeimbangkan antara sisi kanan dan sisi kiri perahu. Selain itu, kesulitan yang kami alami adalah tidak kompaknya teman-teman saat mengayuh dayung,” ujar salah satu peserta Feni Kumalasari.

Bupati Probolinggo Tantriana Sari, mengatakan lomba dayung itu sebagai awalan dalam mengembangkan kawasan di sekitar Kali Rondoningo. Dari kajian yang dilakukan pemerintah daerah, kali dengan lebar sekitar 30 meter dan kedalaman 5 meter ini, dapat dikembangkan sebagai kawasan wisata air. Potensi itu ditambah dengan lebar bantaran sungai yang mencapai belasan meter.

“Kami berharap nantinya kawasan ini tumbuh sebagai sentra wisata dan merubah citra buruk sebelumnya. Harapannya, dapat memicu pertumbuhan ekonomi yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan warga Kabupaten Probolinggo,” ujar Bupati Tantri.

Lomba yang ini tak hanya mampu menyedot animo peserta, namun juga animo warga untuk menonton. Bahkan saking antusiasnya, jalan pantura Probolinggo – Situbondo, di sekitar jembatan Semampir  tempat lokasi lomba mengalami kemacetan.

Rencananya, tahun depan lomba yang sama akan dilaksanakan di tempat yang sama. Dengan harapan member hiburan bagi masyarakat dan menarik minat investor. (saw/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Bulog Jatim Siap Serap 1 Juta Ton Gabah Petani

Warga Diingatkan Tak Tertipu Rekrutmen Palsu Pegawai Pemkot Pasuruan