Libatkan TNI-Polri, PT KAI Daops 9 Pastikan Keamanan Jalur Mudik Lebaran

778

Pasuruan (wartabromo) – Persiapan menghadapi arus mudik lebaran dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) 9 Jember. Pengamanan jalur dan stasiun juga disiapkan demi kelancaran dan kenyamanan pemudik.

“Kami ingin pastikan sepanjang jalur mulai 500 meter keluar Stasiun Bangil hingga Banyuwangi yang menjadi tanggungjawab Daops 9 aman,” kata Kepala Daops 9 Jember, Rusi Haryono, saat mengecek Stasiun Pasuruan, Rabu (22/6/2016).

Pengecekan dilakukan di sepanjang jalur rel, 34 stasiun dan sarana-prasarana yang ada. “Kami juga pasanga CCTV dan Early Warning System di lintasan-lintasan rawan,” jelas Rusi.

Rusi dan sejumlah petugas yang menumpang kereta wisata saat pengecekan mengatakan pihaknya berusaha melayani para penumpang dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga :   Polda Jatim Akan Panggil Marwah Daud Ibrahim

“110 personel internal mulai dari satpam dan polsuska akan dikerahkan selama arus mudik mulai 24 Juni hingga 17 Juli. Itu belum personel eksternal dari polri dan TNI sebanyak 96 orang yang akan mengaman stasiun-stasiun,” tandasnya.

Daops 9 juga pastikan meski penumpang ramai, gerbong steril dari asongan. “Asongan dalam gerbong sudah tidak jamannya,” pungkasnya. (fyd/fyd)