Kemarau, Warga Lereng Arjuno Naik Gunung Mencari Air Bersih

756

Purwodadi (wartabromo) – Musim kemarau menyebabkan warga di sejumlah wilayah harus bekerja keras untuk mendapatkan air. Warga Dusun Tambakwatu, Desa Tambaksari Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan yang desanya berada di lerang Gunung Arjuno terpaksa naik gunung untuk mendapatkan air bersih.

Menurut salah seorang warga, Ndandik Agung (20), kondisi demikian sudah lama dirasakan oleh warga ketika musim kemarau. Namun meskipun demikian warga tidak dapat berbuat banyak, karena air di daerah tersebut memang sulit untuk didapatkan.

“Warga memang harus mencari sumber air lagi, karena setiap musim kemarau tiba warga kekurangan air bersih,” kata Agung kepada wartabromo.com, Minggu (18/9/2016).

Agung menambahkan, sebenarnya warga sudah mempunyai sumber air yang sudah sejak lama digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun sumber air tersebut tidak bisa mencukupi kebutuhan air bersih warga ketika musim kemarau.

Baca Juga :   Perbaikan Raya Raci, Polisi Lakukan Contraflow

“Sudah ada sumber air yang dibuat keperluan sehari-hari, tapi ya gitu jika musim kemarau datang sumbernya airnya mengecil, hingga tak dapat memenuhi kebutuhan warga,” jelasnya.

Sementara itu, warga Tambakwatu sendiri sudah hampir empat hari ini naik gunung sejauh 4 hingga 6 kilometer mencari sumber air. Dari sumber tersebut, air disalurkan dengan pipa ke pemukiman warga.

“Hampir empat hari ini kita bergantian naik gunung sambil mencari sumber air yang agak besar untuk menambah pasokan air bersih ke pemukiman warga,” tutupnya. (ros/fyd)