BPBD : Banjir Melanda 7 Kecamatan di Pasuruan

0
38

Pasuruan (wartabromo) – Banjir yang melanda wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan tercatat mulai terjadi sekitar pukul 03.00 WIB, Selasa (11/10/2016) dini hari tadi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten dan Kota Pasuruan mencatat sebanyak 7 Kecamatan dari sejumlah desa dan kelurahan yang tergenang banjir akibat meluapnya sejumlah sungai di daerah setempat.

Wilayah Kota Pasuruan terjadi akibat meluapnya sungai petung, sungai gembong dan Sungai welang meliputi Kelurahan Karangketug Kecamatan Gadingrejo ; Blandongan Kelurahan Bakalan Kecamatan Bugul Kidul serta Kelurahan Kebonsari Kecamatan Panggungrejo.

IMG-20161011-WA0023Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana mengatakan, banjir selain diakibatkan meluapnya sejumlah sungai juga bersamaan dengan pasang air laut pada Selasa (11/10/2016) dini hari tadi.

“Meluap subuh tadi berbarengan dengan air pasang, ” katanya.

Menurutnya, ada 4 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang wilayahnya tergenang banjir yakni Pohjentrek, Kraton, Rejoso dan Winongan. Hal ini diakibatkan meluapnya sejumlah sungai seperti Rejoso dan Welang setelah hujan deras yang mengguyur kawasan pegunungan sejak semalam.

“Ketinggian air di kisaran 20 – 60 centimeter, ” tegasnya.

Sementara itu, pantauan wartabromo, meski sempat meluap ke jalan raya di Desa Tambakrejo Kraton Pasuruan namun jalan raya masih bisa dilalui meski arus lalu lintas merambat. (yog/yog)