15:00 - Wednesday, 20 July 7149
Sunday, 9 July 2017 | 16:29

Siapkan Ini Jika Ingin Saksikan Kasada


Sukapura (wartabromo.com) – Anda ingin menyaksikan perayaan Yadnya Kasada Suku Tengger di Gunung Bromo?. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa perlengkapan, pasalnya anda akan berperang melawan hawa super dingin.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Bromo, Ahmad Subhan, memprediksi pada saat upacara Yadnya Kasada di Pure Poten Luhur di lautan pasir, suhu udara berkisar 10-11° celcius. Saat ini, suhu kawasan Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, berkisar antara 9-14° celcius.

“Suhu kaldera lautan pasir biasanya 2-3° celcius lebih dingin jika dibandingkan di sekitar pos pengamatan. Apalagi, pelaksanaannya dilakukan pada malam hingga dinihari,” terang Ahmad Subhan.

PicsArt_07-09-04.28.01

Kondisi yang sangat dingin ini, tentunya akan membuat masalah bagi pengunjung. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali berkunjung dan menyaksikan ritual Yadnya Kasada. Mereka akan kesulitan beradaptasi dengan perubahan cuaca yang sangat ektrim. Dinginnya suhu akan membuat tubuh rentang terserang penyakit.

Agar anda tak kedinginan, jangan lupa menyiapkan bekal berupa jaket tebal, syal, kerpus serta kaos tangan. Tak hanya itu, pengunjung harus mengenakan kaus kaki dan sepatu gunung.

“Jangan lupa kondisi fisik harus prima, bagi yang tidak biasa. Ada baiknya juga membawa masker dan kacamata, sebab bukan tak mungkin, pasir akan beterbangan. Saran saya, lebih baik menggunakan beberapa pakaian sekaligus, dibanding satu jaket tebal saja,” kata Camat Sukapura, Yulius Christian.

Ritual Yadnya Kasada sendiri akan berlangsung pada malam ini, Minggu (9/7/2017) hingga Senin (10/7/2017) dinihari. Ribuan warga Suku Tengger akan berdoa dan melarung sesaji di kawah Gunung Bromo. Sesaji itu berupa hasil pertanian, uang dan benda lainnya, sebagai rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa. (cho/saw)

Komentar Anda

Komentar

Mengenal ‘Ongkek Sesaji’ Suku Tengger Bromo di Ritual Kasada

Empat Tokoh Luar Suku Tengger Dikukuhkan Jadi Sesepuh