Pasuruan Oltrad Competition 2017 Bakal Digelar, Begini Cara Daftarnya

0
1

Pasuruan (wartabromo.com) – Guna memasyarakatkan olahraga tradisional, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Pasuruan akan menggelar Pasuruan Oltrad Competition 2017 pada tanggal 10 September 2017 mendatang.

Ketua Formi Kabupaten Pasuruan, Lulis Irsyad Yusuf mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya serius para pengurus FORMI yang baru saja dilantik pada tanggal 15 Agustus 2017 lalu untuk mensosialisasikan sekaligus menghidupkan kembali olahraga tradisional yang selama ini ada di masyarakat dan mulai pudar antara lain balap egrang, Dagongan maupun balap Trompah atau bangkiak.

“Saya mengajak masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk bersama – sama berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Silahkan mendaftar diri di tempat yang telah ditetapkan oleh panitia. Mari kita semarakkan kembali kegiatan olahraga tradisional ini, ” kata Lulis.

Kegiatan Pasuruan Oltrad Competition 2017 sendiri akan digelar di lapangan Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan serta diikuti oleh para peserta se – Kabupaten Pasuruan dan terbuka untuk umum.

Adapun ketentuan masing – masing lomba adalah sebagai berikut :

1. Lomba balap Egrang

Para peserta lomba balap egrang minimal berusia 18 tahun ke atas serta terdiri atas 3 orang per regu baik putra maupun putri. Mereka juga harus menempuh lintasan yang ditetapkan panitia secara estafet yakni 50 meter.

2. Lomba Dagongan

Dagongan merupakan perlombaan tradisional yang menggunakan bambu sebagai alat mengadu kekuatan. Para peserta lomba ini tidak terbatas usia namun harus memiliki berat badan antar 50 – 60 kilogram serta terdiri atas 5 orang pemain dan 2 orang cadangan dalam satu regu. Peserta mengenakan kaos tim dan menunjuk seorang pemain sebagai kaptennya.

3. Lomba balap Trompah/Bangkiak

Lomba ini bisa diikuti oleh peserta yang memiliki usia minimal 18 tahun ke atas serta diikuti oleh 5 orang pemain dalam setiap grupnya baik putra maupun putri.

“Perlombaan ini berlaku bagi siapapun. Silahkan mendaftarkan diri di tempat yang telah disediakan yakni Kantor Sekretariat FORMI di Pendopo Kabupaten Pasuruan, Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga maupun di masing – masing Kecamatan se – Kabupaten Pasuruan, ” tambah Sekretaris Formi Kabupaten Pasuruan, Khoirul Huda.

Tak hanya itu, lanjutnya, bisa juga mendaftarkan diri langsung kepada panitia melalui aplikasi WhatsApp di nomer 085234690309 atau klik di sini. (**/**)