96 Lulusan SMA/SMK Ikuti Pelatihan di BLK Kabupaten Pasuruan

0
120

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebanyak 96 lulusan lulusan SMA/SMK selain juga warga Kabupaten Pasuruan mengikuti pelatihan yang dibuka UPTD Tenaga Kerja Latihan Kerja Daerah (LKD) Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Pelatihan dillakukan selama lebih satu bulan sejak 4 Juli 2018 hingga 8 Agustrus 2018.

Didik Edi Suwito, Kepala UPTD Tenaga Kerja LKD Kabupaten Pasuruan mengatakan, terdapat 6 keahlian yang dapat dipilih oleh peserta pelatihan diantaranya menjahit, bordir, komputer, listrik, las dan teknologi mekanik (permesinan).

Dijelaskan, dari jumlah tersebut, sebelumnya terdapat lebih dari 200 orang mencoba peruntungan untuk dapat berlatih di tempat ini. Hanya saja, dengan kuota sebanyak 96 orang, maka ratusan calon  pekerja itu diseleksi dan diperkecil melalui tes tulis dan wawancara. Tes dilakukan pada seputar komitmen dan motivasi mengikuti pelatihan kerja.

Ditekan oleh Didik, untuk bisa lolos seleksi, setiap calon peserta pelatihan harus memiliki skill dasar dari keenam kejuruan tersebut.

“Contohnya saja kejuruan menjahit atau bordir, kalaupun memang hanya lulusan SMP tapi kalau teknis dasar-nya mumpuni, maka pasti bisa bersaing dengan calon peserta yang lain,” kata Didik disela-sela pelatihan, Selasa (17/07/2018).

Dilanjutkan, pembinaan dan pelatihan kerja untuk tahun ini dilaksanakan mulai 4 juli 2018-8 Agustus 2018 dan diikuti oleh 96 peserta. Diungkap, masing-masing kelas terdiri dari 16 orang yang telah lolos seleksi, mulai dari tes tulis hingga wawancara.

selama pelatihan, peserta tak hanya mendapatkan materi dan praktikum saja, melainkan dilengkapi dengan ATK (alat tulis kantor), baju cattle pack, pakaian olahraga, konsumsi hingga pengganti uang transport.

Menurut Endang Dwi Widayanti selaku Kasubag TU UPTD Tenaga Kerja LKD Kabupaten Pasuruan, setelah pelatihan selesai dilaksanakan, pihaknya akan melakukan uji kompetensi untuk peserta. Pasalnya, ada beberapa perusahaan yang siap menampung lulusan dari pelatihan yang digelar oleh tempat yang populer dengan sebutan BLK Kabupaten Pasuruan ini.

“Seperti perusahaan konveksi yang sebelum pelatihan sudah konfirmasi ingin mencari karyawan yang punya skill menjahit dan bordir. Dan kita sangat siap untuk bisa meningkatkan soft skill mereka, ” jelasnya. (mil/may)