Keseruan Agustusan ala Rutan Bangil

1112

Pasuruan (wartabromo.com) – Momen kemerdekaan selalu dirayakan dengan berbagai macam lomba. Tak terkecuali, warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Bangil, yang meramaikannya dengan berbagai lomba agustusan, Senin (6/8/2018).

Salah satu lomba yang digelar Rutan Bangil yakni Balap Karung Warga Binaan versus Petugas, di halaman tengah Rutan Bangil. Uniknya, lomba balap karung yang biasanya diikuti oleh peserta dengan cara berlari, justru dilakukan dengan cara berjongkok.

Setiap peserta lomba harus masuk ke dalam karung dengan posisi jongkok dan menyisakan kepala yang ditutup helm, kemudian diikat dengan menggunakan tali rafia. Alhasil, peserta kesulitan untuk mencapai garis finish.

Tak hilang akal, peserta lomba melakukan berbagai macam cara untuk sampai pada garis finish. Ada yang sengaja menjatuhkan diri hingga berguling-guling, ada yang berjalan serong, dan ada juga peserta yang memilih melompat seperti kelinci. hehehe..

Baca Juga :   19 SMP/MTs di Kota Pasuruan Numpang Gedung Lain Hadapi UNBK

Cara yang unik itu pun, membuat para penonton tertawa terpingkal-pingkal.

“Susah sekali, kalau dibuat jalan ke depan malah jatuh. Lumayan kram tapi seneng karena dapat duit dari Pak Kepala Rutan,” ungkap Harsono, salah satu warga binaan.

Sementara itu, Kepala Rutan Bangil, Wahyu Indarto mengatakan, tujuan digelarnya lomba balap karung jongkok adalah untuk menjalin keakraban antara petugas dengan warga binaan. Sehingga seluruh warga binaan dapat menjalani masa hukuman dengan situasi penuh kekeluargaan.

“Kita ingin membuat seluruh warga binaan ikut merasakan nuansa kemerdekaan RI ke 73, tahun 2018. Kita gelar banyak lomba supaya mereka juga nyaman dan betah selama menjalani masa tahanan di Rutan Bangil,” kata Wahyu di sela-sela lomba.

Baca Juga :   Semak Terbakar Dekat Tower Seluler, Bikin Panik Warga

Wahyu menambahkan, ide beberapa perlombaan unik di Rutan muncul begitu saja dari dia dan beberapa staf, yang akhirnya menghibur seluruh warga binaan Rutan.

“Bahagia itu sederhana, bisa membuat orang lain bahagia, apalagi sampai tertawa. Dan itu berhasil kami lakukan dalam lomba ini,” pungkasnya.

Selain balap karung, Rutan Bangil juga menggelar lomba agustusan yang lain seperti lomba tenis meja, balap kelereng, catur, dan bola voli plastik. (mil/may)