Jadi Aset Desa, Coban Danyang Akan Dikelola BumDes

0
418
Menikmati pemandangan Coban Danyang. (Foto: Akhmad Romadoni)

Pasrepan (wartabromo.com) – Wisata Coban Danyang di Desa Tempuran, Kecamatan Pasrepan akan dijadikan aset Desa. Nantinya, potensi ini akan dikelola warga Desa melalui BumDes (Badan Usaha Milik Desa).

Kepala Desa Tempuran, Asirin mengatakan, saat ini warga Desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sedang membuat konsep untuk mengembangkan wisata ini.

“Ini akan jadi aset Desa. Kemarin sudah buat BUMDes, sebentar lagi dikembangkan bersama dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata),” jelasnya.

Ditambahkan Asirin, Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan sudah melakukan peninjauan secara langsung, potensi alam yang berada di Desa Tempuran tersebut. Sinyal positif ini ditangkap Kepala Desa Tempuran untuk bekerjasama, agar bisa menarik wisatawan supaya berkunjung ke desanya.

“Sudah meninjau ke sini, kami ingin adanya kerja sama dari Dinas Paariwisata agar bisa mengembangkan potensi wisata ini,” imbuh Asirin.

Sementara itu, warga juga merespon rencana pengelolaan Coban Danyang. Asirin mengungkapkan, pengembangan wisata Coban Danyang juga dapat memberdayakan warga sekitar. Khususnya untuk meningkatkan perekonomian warga.

“Warga desa antusias, ini juga untuk memberdayakan warga sekitar,” pungkasnya.

Diketahui, baru-baru ini wisata Coban Danyang mulai digandrungi warga Pasuruan. Meski bukan termasuk wisata baru, namun wisatawan mulai melirik, karena air terjun tersebut masih sangat asri. Akses yang mudah juga menjadi nilai plus wisata ini. (trd/may)