Lalu-lalang Truk Angkut Sengon Dikeluhkan

2395

Probolinggo (wartabromo.com) – Kendaraan truk pengangkut sengon di wilayah Krucil dan Tiris, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan pengguna jalan. Sebab, gelondongan kayu sengon yang diangkut, melebihi ukuran dari badan truk.

Seperti terlihat di jalan raya Condong-Tiris pada Rabu (12/9/2018) siang. Truk bak terbuka mengangkut gelondongan kayu, melebihi ukuran bak truk. Tentu saja hal itu dinilai sangat membahayakan pengendara lain, baik itu pengendara motor maupun pengguna mobil.

“Kalau siang hari masih mending, muatan terlihat oleh pengendara lain. Paling berbahaya, kalau menjelang petang atau malam. Kendaraan ini hampir srempetan dengan mobil saya, karena sudah gelap. Saya kira mobil ini muatan kayu sengon jalannya perlahan, pas sudah dekat hampir bagian kayu yang terlalu melebar ini kena bak mobil,” tutur Andika, salah satu warga Tiris.

Baca Juga :   Kiai Kecewa Pada Muhaimin, PKB Kota Probolinggo Membela

Dalam pantauan wartabromo.com, truk ini dimodifikasi menjadi seperti tanpa bak. Padahal semestinya truk itu mempunyai bak terbuka dengan standar ukuran lebar 2,10 meter. Sengon dengan ukuran sekitar 2,5 meter itu diletakkan secara melintang mengikuti lebar truk. Sehingga memakan badan jalan melebihi ukuran yang semestinya. Bahkan spion truk tak terlihat dari belakang truk.

“Perlu ada peringatan itu. Bahaya, menuhi mobil dan badan jalan. Dari sisi sopirnya gak bisa lihat belakang lewat spion karena ketutup kayu. Nah, jadi dobel membahayakan bagi pengguna jalan maupun sopir itu, dan warga,” kata Ika Rahmawati. (cho/saw)