Kesulitan Air, Warga Krucil Wadul Wabup

1630

Probolinggo (wartabromo.com) – Sejak 3 bulan terakhir warga Dusun Jombo Desa Betek, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, alami kesulitan air bersih. Mereka pun wadul ke Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko, Senin (8/10/2018).

Permintaan itu diutarakan warga, saat Wabup Timbul melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke dusun itu. Sebab, di salah satu platform media sosial, disebutkan bahwa warga dusun yang berjumlah sekitar 300 KK itu, alami kekurangan air bersih. Dimana akibat musim kemarau berkepanjangan, 3 sumber air di Dusun Jombo mengering. Warga harus mencari air bersih ke daerah lain, yakni Desa Kertosuko. Kondisi itu, sudah terjadi sejak 3 bulan terakhir.

“Untuk kebutuhan air bersih, kami mengambilnya dari desa sebelah. Ada yang pake jerigen, ada juga yang menggunakan pipa kecil dengan biaya sendiri, tapi airnya kecil. Karena itu, saya minta ke pak Wabup untuk membantu kami mendapatkan air bersih. Terutama untuk memasak dan minum,” ujas Sali, salah satu warga, saat bertemu Wabup Timbul.

Baca Juga :   4 Kendaraan Ringsek, Polisi: Bus Kuning Kurang Hati-hati

Mendengar keluhan warga, politisi asal Kecamatan Maron itu, berjanji akan melakukan langkah terbaik agar kebutuhan air bersih segera terwujud.

“Kekeringan ini memang merupakan faktor alam yang saat ini memang memasuki musim kemarau panjang. Selain droping air bersih, dalam waktu dekat pemkab juga akan melakukan pipanisasi untuk mencari sumber-sumber mata air baru. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar,” janji Wabup Timbul.

Menurut Syamsul Arifin, Kasi Pemerintahan Desa Betek, sebenarnya pihak desa sudah berupaya mengatasi permasalahan warganya itu. Salah satunya dengan melakukan pipanisasi sepanjang 4.000 meter. Yakni dengan mengalirkan air dari Dusun Buluan Desa Kertosuko ke Dusun Jombo. “Namun debit airnya masih kecil dan masih belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dusun ini. Mudah-mudahan nantinya ada saluran pipa air yang lebih besar, sehingga permasalahan itu selesai,” ujarnya. (cho/saw)