Modal Lima Ribu Saksikan Ikan Hiu di Perairan Pasuruan

0
77

ikan-hiu-tutulPasuruan (wartabromo) – Ratusan ekor ikan hiu tutul kembali bermunculan di perairan laut utara Pasuruan. Keberadaan ikan raksasa itu mengundang perhatian warga dan nelayan di Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Mereka mulai berdatangan guna menyaksikan keberadaan ikan pemakan plankton dan ikan-ikan kecil tersebut.

“Hampir satu minggu ini ratusan hiu tutul itu mulai terlihat banyak bermunculan di perairan sini,”ujar Syafi’i (33), nelayan setempat kepada sejumlah wartawan.

Pria berambut panjang itu mengatakan, sejak sepekan yang lalu para warga sekitar mulai penasaran ingin melihat ikan hiu ini silih berganti datang ke pertengahan laut setempat dengan menyewa perahu para nelayan.

“Alhamdulillah sejak munculnya ikan hiu ini menjadi berkah tersendiri bagi para nelayan di sini. Sebab para warga yang ingin menaiki perahu untuk melihat hiu secara mata telanjang itu dikenakan tarif Rp 5000,”ucapnya.

Menurut Syafi’i, jumlah hiu tutul itu setiap harinya semakin bertambah banyak, bukan semakin berkurang. Para nelayan setempat mengaku sedikit terganggu, Pasalnya keberadaan ikan dengan ukuran panjang mencapai hingga enam meter itu berada di area tempat para nelayan mencari ikan.

Ikan raksasa yang juga dikenal dengan ikan kaki-kaki oleh warga pesisir Pasuruan ini sejatinya merupakan sejatinya ikan yang sudah jinak dan tidak galak. Sehingga keberadaan hiu tutul tersebut, tidak membahayakan bagi para nelayan dan warga sekitar yang melihat lebih dekat ikan hiu tul-tul tersebut.

“Hampir setiap tahun ikan hiu tutul ini selalu menyambangi perairan laut di daerah sini. Dan biasanya mereka selalu datang ke sini pada saat pergantian musim yaitu dari musim kemarau ke musim penghujan,”ujarnya. (abu/yog)