Jumlah Pemilih Ber-KTP di Kota Pasuruan Capai 1.971 Orang

630

kpu kota pasuruanPasuruan (wartabromo) – Meski jumlah tingkat kehadiran pemilih menurun dari Pemilu legislatif lalu, namun antusias warga untuk bisa menggunakan hak pilihnya di Kota Pasuruan cukup besar pada Pilpres 2014 ini termasuk pemilih ber-KTP.

Berdasarkan data yang didapatkan dari Komisi Pemilihan Umum Kota Pasuruan, total pemilih yang tidak terdaftar di DPT maupun DPK dan menggunakan hak pilihnya dengan KTP (Dpktb) mencapai 1.971 pemilih sementara yang menggunakan form A5 (pindah mencoblos) melalui KPU pada 9 juli lalu mencapai 65 orang.

“Kalo diambil rata-rata per TPS dari 300 TPS ada 6 pemilih ber-KTP,” ujar Mulyadi, Komisioner KPU Kota Pasuruan pada wartabromo.

Menurutnya, antusiasme warga untuk menggunakan hak pilihnya di Kota Pasuruan terlihat dari tingkat kehadiran pemilih di 300 TPS yang tersebar di 4 Kecamatan di Kota Pasuruan yang mencapai 72 persen.

Baca Juga :   Penculik Guru Paud Cantik Ditangkap

“Memang menurun dibanding pileg tapi hanya 8 persen,” tambah Mulyadi.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Pasuruan, Fuad Fatoni mengatakan, tingkat kehadiran pemilih baik di Kota Pasuruan maupun yang berasal dari luar Kota sangat diapresiasi oleh KPU. Hal ini ditunjukkan dengan pelayanan fasilitas A-5 bagi pemilih yang ingin pindah coblos serta pengakomodiran pemilih yang menggunakan KTP setempat.

“Yang paling penting, Pilpres di Kota Pasuruan adem ayem,” tegas Fuad.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum Kota Pasuruan akan melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2014 di Kantor KPU setempat, Rabu (16/7/2014) hari ini. (yog/yog)