Bus Akas Vs Dump Truk, 1 Tewas 15 Luka

0
4

kecelakaan bus probolinggoTegalsiwalan (wartabromo) – Kecelakaan terjadi di  Jalan Raya Malasan Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo, Senin (25/8/2014). Bus penumpang ‘Akas’ jurusan Jember-Surabaya nopol N 7517 UR menabrak dump truk nopol L  9499 UZ yang dikemudikan oleh  Qusairi (48) warga Purwosari Kabupaten Pasuruan hingga mengakibatkan sang sopir bus terjepit dan tewas seketika di lokasi kejadian. Sementara 15 penumpang lainnya mengalami luka parah.

Kecelakaan maut ini terjadi sekitar pukul 17.00 Wib saat Bus sarat penumpang yang dikendarai oleh Ali Hasan (38) warga Jrebeng tersebut berusaha menyalip kendaraan di depannya. Padahal, arus lalu lintas di jalur tersebut saat itu sedang padat.

Disaat yang sama, dump truk dari arah berlawanan melaju dengan kecepatan tinggi sehingga tabrakan pun tak terhindarkan.

“Dari arah timur (Jember) sopir itu memang ugal-ugalan dan banter (cepat),”ujar Usman (53) salah seorang penumpang, warga  Desa Curah Kalong Kecamatan Bangsal Sari Kabupaten Jember saat ditemui di Puskesmas Leces.

Bahkan, lanjut Usman, seorang penumpang sempat meminta kepada sopir untuk mengurangi kecepatannya tersebut. Namun, permintaan penumpang tidak dihiraukan sang sopir.

“Penumpang yang duduk di bangku tengah sempat berteriak agar pelan-pelan saja,”tambah Usman  yang mengalami luka di bagian dahi dan mulut.

Dari arah berlawanan, muncul sebuah mobil. Sehingga, Sopir bus itu pun langsung banting setir kekiri dan menabrak Dum Truck yang melaju dari arah berlawanan.

Tak pelak, puluhan penumpang langsung terlempar dari kursi di dalam bus. Sedangkan Usman yang duduk di bangku belakang, terpental ke bangku depan.

“Penumpang berhamburan di dalam bus,”sebutnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Probolinggo, AKP Ridho Tri Putranto melalui Kanit Patroli Ipda Agus Wijaya menyebutkan, saat ini pihaknya masih menyelidiki penyebab kecelakaan.

“Kita masih selidiki dan mengumpulkan beberapa saksi,” ujar Ipda Agus Wijaya.

Berdasarkan data yang dihimpun wartabromo, akibat kecelakaan ini 15 orang mengalami luka – luka yakni 2 orang korban mendapat perawatan di IGD RSUD dr Sholeh Kota Probolinggo ; 3 korban masih ada di puskesmas Leces dan 10 korban hanya mengalami luka di bagian dahi dan mulut saja. Sedangkan, jenazah sopir bus langsung dievakuasi  ke kamar mayat RSUD dr Sholeh Kota Probolinggo. (rhd/yog)