15:11 - Rabu, 23 November 0755
Kamis, 11 Februari 2016 | 13:52

Ini 10 Kecamatan Rawan Banjir di Kabupaten Probolinggo

banjir-pasuruanKraksaan (wartabromo) – Bencana banjir mengintai 10 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. 10 kecamatan tersebut potensial mengalami banjir jika hujan turun dengan intensitas tinggi.

“Dari 24 kecamatan ada 10 kecamatan yang potensial dilanda banjir. Jumlah ini hampir mencapai separuh dari wilayah yang ada,” kata Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nurjayadi, Kamis (11/2/2016).

10 kecamatan itu antara lain, Tongas, Sumberasih, Dringu, Gending, dan Pajarakan. Kemudian ada Kraksaan, Paiton, Kotaanyar, Besuk dan Pakuniran.

“Dari mapping yang kami lakukan, kecamatan-kecamatan itu sangat potensial dilanda banjir. Dengan kategori yang berbeda,” ujar Dwijoko.

Dwijoko mengatakan untuk wilayah Kecamatan Tongas dan Sumberasih, rentan dilanda banjir lahar hujan Bromo dan banjir rob. Sedangkan untuk Kecamatan Pakuniran, Besuk, dan Kotaanyar, terancam banjir bandang. Banjir ini berasal dari aliran sungai yang berhulu di Pegunungan Argopuro, seperti Sungai Pancarglagas dan Kali Kresek.

“Untuk kecamatan yang lain atau yang berada daerah pesisir, ancaman terbesarnya adalah banjir rob. Kami terus memantau daerah-daerah yang rawan tersebut,” katanya.

Selain pemantauan yang dilakukan secara real time, BPBD, kata Dwijoko juga telah memasang papan himbauan di daerah rawan. Sehingga, warga selalu waspada terhadap ancaman bencana. (saw/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Polisi Bekuk Tukang Ojek Diduga Ecer Sabu di Tretes

Buruh Dirikan Tenda Depan Pabrik Indolakto, Manajemen Masih Cuek