15:11 - Sabtu, 24 November 0373
Jumat, 1 April 2016 | 16:22

Sehari, Penjual Durian Bisa Raup Omzet Rp. 2 Juta

IMG-20160401-WA0067Krucil (wartabromo) -Sebagian daerah di Kabupaten Probolinggo menjadi sentra duren lokal. Salah satunya berada di Kecamatan Krucil.

Nah, salah satu bedak di Desa/Kecamatan Krucil yang sudah menjual duren sejak sebulan terakhir bisa beromzet Rp 2 juta setiap hari. Omzet tersebut akan terus bertambah saat akhir pekan tiba.

Di Kabupaten Probolinggo sebenarnya tidak hanya di Kecamatan Krucil saja yang menjadi sentra durian, kecamatan lain seperti Kecamatan Tiris, Kecamatan Lumbang saat ini juga sedang musim durian. Hanya saja, rasa dari durian di setiap kecamatan hampir berbeda, dari tekstur buah hingga rasanya.

Menurut Suliha, salah satu pedagang yang berada di Desa/Kecamatan Krucil mengatakan saat ini sudah mulai musim durian. “Tapi puncaknya masih bulan empat, makanya sekarang harganya masih lumayan,” katanya.

Meski demikian, Suliha mengaku penjualan diruan di bedaknya tersebut justru semakin ramai, terlebih, saat akhir pekan. “Paling ramai akhir pekan, karena banyak orang kota yang sekalian bermain ke Krucil sambil memborong durian kami,” ungkapnya.

Dalam sehari, dengan kondisi seperti sekarang, omzet penjualan duriannya mencapai Rp 2 Juta perhari. “Kalau akhir pekan pasti bertambah, mudah-mudahan ada penambahan wisatawan lokal yang ke Krucil Mas,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pedagang lainnya Hamidah mengungkapkan saat ini memang masih musim awal durian, hanya saja peminatnya sudah banyak. “Harganya sekarang masih lumayan mahal, tapi karena memang banyak yang minat, permintaan tentu meningkat,” ujarnya.

Kedua pedagang ini berharap adanya dukungan dari pemerintah, seperti adanya bantuan tenda seperti yang ada di alun-alun Kota Kraksaan. Sehingga dengan kondisi seperti itu akhirnya membuat di kawasan penjuaan duren sedikit rapi.

“Kalau sudah rapi, pengunjung ke Kecamatn Krucil pasti akan tertarik, harapan kami seperti itu Mas. Barang kali bisa disetujui mas,” Harapnya.

Selain itu, ia berharap adanya bantuan promosi tentang hasil perkebunan di Kecamatan Krucil. “Durian itu tidak hanya di Lumbang Mas, di Kecamatan Krucil juga ada, manggispun kualitasnya tak kalah dengan yang lain, termasuk duriannya,” tandasnya. (saw/yog)

Komentar Anda

Komentar

Puluhan Ribu Ikan Tambak Mati Tercemar Limbah Pabrik

Petani Apel Pasuruan Didorong Pakai Pestisida Nabati