15:18 - Selasa, 21 November 2017
Sabtu, 2 April 2016 | 19:21

Petani Apel Pasuruan Didorong Pakai Pestisida Nabati

buah apelPasuruan (wartabromo) – Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan mengakui masih banyak petani apel yang menggunakan pestisida kimia untuk menyuburkan tanaman. Dinas terus mendorong agar petani memakai pestisida nabati.

“Kami sudah lama mendorong penggunaan pestisida nabati. Kami juga sudah bekerjasama dengan beberapa pihak dalam hal penyuluhan, penyadaran dan pengadaan pestisida nabati,” kata Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Doddy Setiawan, Sabtu (2/4/2016).

Diakui Doddy, mengajak petani beralih ke pestisida nabati butuh kerja keras. Selain membongkar kebiasaan lama, para petani lebih suka instan.

“Pestisida nabati jauh lebih baik. Tapi petani pengennya cepat lihat tanamannya subur dan tampak hijau dengan pestisida kimia. Ini masalah mentalitas,” jelasnya.

Buah apel merupakan produk unggulan Kabupaten Pasuruan. Petani menanam apel dari berbagai jenis seperti apel anna, apel manalagi dan apel rhome beauty.

Data BPS tahun 2015, Kabupaten Pasuruan memiliki 2.891.640 pohon tersebar di Tosari, Puspo dan Tosai. Rata-rata produksi 150.059 ton/tahun. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Sehari, Penjual Durian Bisa Raup Omzet Rp. 2 Juta

Prinsip UU Tapera Adalah Gotong Royong