15:12 - Selasa, 25 November 6217
Jumat, 15 April 2016 | 14:13

Kota Pasuruan Gelar Kontes Ternak Cari Bibit Unggul

Salah satu sapi kurban yang ada di salah satu peternakan di Kota Pasuruan. (Foto ilustrasi: Gesang A Subagyo/wartabromo.com)

Pasuruan (wartabromo) – Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan menggelar Kontes Ternak dan Pameran Hewan Kesayangan tahun 2016. Even ini digelar untuk menjaring ternak-ternak yang berpotensi menjadi ternak unggul dan siap bersaing dengan daerah lain.

“Ikut berpartisipasi sebanyak 20 ekor sapi ekstrim, 35 ekor kambing PE jantan, 27 ekor kambing PE betina serta ratusan hewan kesayangan yang tergabung dalam 7 komunitas,” kata Asep Suryatna, Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan Kota Pasuruan, Jumat (15/4/2016).

Menurut Asep, seluruh hewan ternak yang mengikuti kontes murni milik warga Kota Pasuruan, dan proses penjaringan nominasi ternak unggul dilaksanakan mulai 04-07 April lalu, tepatnya pada kandang peternak calon peserta kontes itu sendiri.

Sedangkan untuk peserta pameran adalah 7 komunitas, diantaranya komunitas kucing, musang, reptile, sugar glider atau tupai terbang, ikan koi serta komunitas kelinci.

“Untuk meminimalisir kecelakaan ternak, baik cacat ataupun mati, maka kita pisahkan satu sama lain. Jangan sampai berdekatan, karena itu sangat berbahaya. Kriteria penilaian untuk sapi ekstrim berdasarkan bobot badan terbesar dan kondisi fisik yang kuat dan sehat, sedangkan kategori kambing PE jantan dan betina, berdasarkan kondisi fisik kambing dan umur ternak,” terang Asep.

Lebih lanjut Asep menambahkan, dengan dilaksanakannya kegiatan kontes ternak dan pameran hewan kesayangan, maka diharapkan dapat terjaring ternak berpotensi menjadi ternak unggul di Kota Pasuruan.

“Selain itu, pameran hewan kesayangan dapat kita apresiasi untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap hewan-hewan kesayangan,” pungkasnya. (mil/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Apel Kabupaten Pasuruan Penuhi Pasar Malang hingga Bali

Bocah Penderita Gizi Buruk Dibawa ke RSUD Bangil