Klinik Ekonomi Satrya Emas Pangkas Ketergantungan pada Rentenir

0
5


irsyad dan sedap malamPasuruan (wartabromo)
– Program Pusat Strategi dan Layanan Ekonomi Maslahat (Satriya Emas) akan diluncurkan pada pekan ketiga Mei. Masyarakat, terutama pelaku industri mikro, kecil, dan menengah (IMKM) di seluruh Kabupaten Pasuruan diharapkan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Semua SKPD terkait juga harus bekerja keras untuk menyukseskan program ini. Klinik ini akan mendiagnosa permasalahan ekonomi warga dan merumuskan solusi. Solusi tersebut akan disampaikan ke SKPD terkait untuk ditindaklanjuti.

“Misal masalahnya infrastruktur, nantinya akan dibawa ke dinas terkait. Kalau masalahnya pemasaran, Disperindag yang bekerja. Begitu juga jika masalahnya modal, akan dipermudah akses ke perbankan,” kata Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, Sabtu (7/5/2016).

Bupati mengharapkan, dengan program ini seluruh permasalah ekonomo bisa teratasi sehingga IMKM semakin berkembang. “Juga akan memotong ketergantungan pada rentenir,” tandasnya.

Sasaran Satrya Emas yakni seluruh masyarakat di 24 kecamatan. Untuk sementara dibentuk enam wilayah pengembangan yakni di Kecamatan Grati, Gondangwetan, Kejayan, Pandaan, Bangil dan Purwosari. Di setiap kantor wilayah pengembangan akan ditempatkan minimal dua pendamping ekonomi yang akan melayani masyarakat.

Pada tahap selanjutnya, di semua kecamatan akan ada kantor pelayanan Satrya emas. (fyd/fyd)