Mendes Tantang Desa Konsisten dengan Satu Produk Unggulan

725

Jakarta (wartabromo) – Masih banyak desa yang memproduksi produk unggulan hanya dalam skala kecil. Hal tersebut tidak cukup untuk membantu mempercepat peningkatan ekonomi desa.

Demikian dikatakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo di Jakarta, Kamis (4/8). Menurutnya, produksi produk dalam skala kecil tersebut, justru akan memperpanjang rantai distribusi dan berdampak pada tingginya biaya transportasi.

“Saat berkunjung ke desa, saya lihat ada yang menanam jagung, tapi sekupnya kecil-kecil. Ada yang menanam bawang tapi hanya beberapa dan hanya kecil-kecilan. Yang seperti ini kurang nilainya. Bisa kan kita buat, satu atau dua desa dikombinasikan produk unggulannya apa, kita fokus pada produk tersebut dan buat dalam skala besar,” ujarnya.

Baca Juga :   Diharapkan Jadi Orang Baik, Warga Binaan Diajari Bercocok Tanam

Menteri Eko mencontohkan, beberapa desa yang memiliki potensi jagung, masyarakatnya diarahkan untuk fokus dan konsisten menanam dan produksi jagung. Dengan begitu, akan mempermudah distribusi dan meningkatkan daya tarik konsumen.

“Ini tidak, kadang masyarakat kita ini tidak konsisten. Kadang menanam kedelai, kadang menanam bawang, ini sulit berkembang,” terangnya.

Menteri Eko melanjutkan, hasil produksi desa dalam jumlah besar, dapat disimpan ataupun diolah melalui sarana pasca panen. Dengan begitu, kualitas produk seperti halnya hasil panen pertanian dapat terjaga dengan baik.

“Kalau hasil panen padi misalnya, jumlahnya sangat banyak dan melebihi kebutuhan warga, dapat disimpan dulu di sarana pasca panen agar harga tidak merosot. Sebaliknya, di saat panen padi mulai langka, padi yang disimpan tadi bisa didistribusikan agar harga tidak terlalu melonjak naik. Ini menguntungkan petani, tapi juga menguntungkan konsumen,” ujarnya.

Baca Juga :   Siswi SMP di Pasuruan Diperkosa Bergilir 6 Siswa dan 3 Pemuda

Meski demikian Menteri Eko mengaskui, masing-masing desa memiliki potensi dan ciri khas berbeda. Untuk itu, perlu adanya kerjasama dari Pemerintah Daerah, Media Massa dan NGO, untuk memberikan informasi mengenai pengembangan ekonomi yang cocok diterapkan desa.

“Kita harus benar-benar merancang desa-desa ini mau dijadikan apa. Karena ada yang potensinya di wisata, perikanan, peternakan, meskipun mayoritas di agriculture,” ujar Menteri Eko. (fyd/fyd)