Walikota Pasuruan Mulai Bersihkan Gerbong Penguasa Lama

0
87
Nampak, Edy Trisulo Yudo, adik Setiyono di barisan kedua belakang Mimit Srihartoyo, dipromosikan dan dilantik bersama 143 pejabat eselon III dan IV serta camat dan lurah di lantik Walikota Pasuruan, Jumat (9/9). Foto : Warta Bromo/Harjo Suwon

Pasuruan (wartabromo) – Setelah menunggu 7 bulan lamanya, akhirnya aksi bersih-bersih ‘orang’ penguasa lama, mulai dilakukan penguasa baru, Walikota Pasuruan, Setiyono. Sebanyak 143 pejabat eselon III dan IV serta camat dan lurah dilantik di gedung Gradhika Bakti Praja, Kota Pasuruan, Jumat (9/9).

Sebanyak 143 pejabat itu, terinci sebanyak 46 orang eselon III dan 64 orang eselon IV. Sedangkan camat dimutasi terdiri dari 3 orang dan 30 lurah baru.

Aksi bersih-bersih Setiyono terlihat dari sejumlah nama yang dulu dikenal dekat sebagai ‘orang’ penguasa lama, yang posisinya dipindahkan. Seperti Sudarto, Camat Purworejo dan Sugiharto, Camat Gadingrejo yang digeser menjadi Sekretaris Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan (BPMPP) dan Kabag Umum Sekretariat Dewan.

Sejumlah nama yang dekat dengan Setiyono, banyak dipromosikan. Paling mencolok adalah Edy Trisulo Yudo, adik Setiyono yang sebelumnya Kasubag Kerjasama Antar Daerah dan Evaluasi Kerjasama pada Sekretariat Daerah, dipromosikan jadi Kabid Pelayanan BPMPP Kota Pasuruan.

Tidak ketinggalan sebanyak 30 lurah baru dilantik yang sebagian besar berawal dari sekretaris lurah, promosi jadi lurah. Lurah-lurah lama yang diganti itu, memang dikenal sebagai orang-orang dekat penguasa lama.

“Saya minta, pejabat yang baru dilantik untuk membuat memori jabatan untuk meningkatkan kapasitas dan cepat cepat memahami tugas-tugas pokok dan fungsinya. Sehingga bisa melaksanakan pekerjaan dengan sebaik baiknya,” kata Setiyono saat melantik 143 pejabat baru. (hrj/hrj)