Tolak Bala’ dan Banjir, Pemkab Pasuruan Gelar Istighosah Serentak

0
18

Pasuruan (wartabromo.com) – Bencana banjir yang kerap melanda wilayah Pasuruan membuat Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengintruksikan semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) se-Kabupaten Pasuruan untuk melaksanakan istighosah secara serentak di semua instansi/kantor/badan hingga kecamatan, Jumat (3/2/2017) pagi.

Menurut Irsyad, tujuan digelarnya istighosah tak lain untuk sama-sama berdoa bagi keselamatan dan kondusifitas Kabupaten Pasuruan, khususnya bencana banjir yang hingga kini masih terjadi di Kabupaten Pasuruan.

“Biasanya kalau jumat pagi mesti senam, tapi khusus hari ini kita ganti dengan berdoa bersama dan tolak bala’. Karena seperti kita ketahui, di awal tahun ini sampai sekarang, banjir sudah enam kali terjadi di Kabupaten Pasuruan. Saya ikut prihatin dengan banjir ini, sehingga apapun akan kami lakukan demi memastikan semuanya baik-baik saja ,” kata Irsyad.

WhatsApp Image 2017-02-03 at   11.54.12(1)

Sementara itu, dari pantauan di lokasi, puluhan karyawan khusyuk mengikuti istighosah yang dimulai sejak pagi di sejumlah kantor dinas.

“Kebetulan musholla kami bisa menampung semua karyawan, jadi kami laksanakan di sini untuk efektifitas waktu dan tempat,” kata Bambang Hariyanto, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan.

Tak hanya dinas, hampir semua sekolah juga melaksanakan istighosah. Salah satunya di SMAN I Bangil, di mana ribuan siswa tumplek blek memenuhi aula sekolah tersebut, untuk sama-sama mendoakan Kabupaten Pasuruan bebas bencana.

“Semoga saja tidak ada lagi banjir di Kabupaten Pasuruan. Apalagi di Bangil yang selalu jadi langganan banjir, semoga tahun depan sudah tidak lagi,” ungkap Khorunnisa (16), salah satu siswi SMAN I Bangil. (mil/yog)