Peserta Kemah Konservasi Lakukan Penanaman Ribuan Pohon di Lereng Tengger

0
67

Tosari (wartabromo.com) – Kemah Konservasi Sekolah Sahabat Mata air yang diikuti oleh 18 sekolah SLTP dan SLTA di Pasuruan langsung melakukan Pratek penghijauan yakni menanam ribuan Pohon di kawasan Perhutani.

Kepala Pabrik Aqua Keboncandi, M Sunarno mengatakan sebagai upaya penghijauan di wilayah Bromo Tengger Semeru pihaknya telah menyiapkan sekitar 20.000 pohon yang akan ditanam di sejumlah titik di wilayah Kecamatan Tosari serta kawasan Bromo Tengger Semeru.

“Kita siapkan bibit untuk aksi tanam 20.000 bibit pohon yang secara terpisah dilakukan di Desa Jimbaran 2.000 pohon, dilokasi TNBTS penanjakan, Sumber Seruni sejumlah 8000 pohon, di kawasan perhutani 8000, serta bibit edelweis 2000,” tutur Sunarno kepada wartabromo.com, Minggu (19/2/2017).

IMG-20170219-WA0151

Menurutnya, kegiatan Kemah Konservasi yang melibatkan multipihak merupakan titik awal untuk menanamkan kecintaan terhadap alam dan lingkungan sejak dini terutama terhadap para pelajar di Kabupaten Pasuruan.

“Kita dalam acara ini melibatkan TNBTS, anggota Forum DAS Kabupaten Pasuruan, kelompok jelang asap, pemerintahan desa, dinas terkait, masyarakat sekitar hutan dan para relawan karyawan aqua serta komunitas pecinta alam se-Kabupaten Pasuruan,” paparnya.

Sejumlah kegiatan dilakukan mulai dari pemberian materi tentang lingkungan serta praktek penghijauan dan penanaman di lapangan.

Sementara itu, Humas TNBTS, Sarif mengatakan, saat ini luas lokasi keseluruhan kawasan TNBTS mencapai sekitar 52.076 hektar yang di beberapa titiknya membutuhkan restorasi penghijauan.

“Kita saat ini mempunyai lahan seluas 52076 sekian hektar. Namun dibeberapa titik memang membutuhkan restorasi yang salah satunya di blok trune ini,” ungkapnya. (***/yog)