15:11 - Kamis, 22 November 3629
Jumat, 14 April 2017 | 09:56

Launching Kepengurusan IMB 1.500 Masjid, Bupati Pasuruan : Kita Usahakan Biayanya Gratis

Pasuruan (wartabromo.com) – Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf melaunching Program Kepengurusan IMB 1.500 masjid, di sela-sela acara Istighosah Kubro dalam rangka Harlah NU tahun 2017, di Graha KH Achmad Jufri PCNU Kabupaten Pasuruan, Kamis (13/04/2017) malam.

Launching tersebut disaksikan Wakil Rois Surya PWNU ( Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama) Jatim, KH Anwar Iskandar, Rois Surya PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Muzakki Birul Alim, Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, KH Imron Mutamakkin, Wakil Bupati, Riang Kulup Prayudha, Ketua DPRD, Sudiono Fauzan, Ketua Dewan Masjid Kabupaten Pasuruan, KH Yazid Manan, jajaran pengurus LTM NU serta ratusan nahdliyin yang memadati aula kebanggaan NU itu.

Menurut Irsyad, Pemkab Pasuruan akan membantu memfasilitasi masjid-masjid di Kabupaten Pasuruan yang belum ber-IMB. Bahkan dirinya juga menegaskan akan menggratiskan biaya kepengurusan pembuatan IMB masjid secara bertahap.

IMG-20170414-WA0040

“Saya akan cari cara supaya kepengurusan IMB masjid ini gratis , karena termasuk dalam fasilitas umum, dan Insya Allah secara terus menerus akan kami selesaikan,” kata Irsyad dalam sambutannya.

Dijelaskannya, kepemilikan IMB untuk masjid sangat penting lantaran di kemudian hari tidak akan timbul permasalahan yang mengakibatkan masjid tersebut tidak dapat berdiri.

“Sekarang ini banyak masjid yang masih belum punya IMB, sehingga ditakutkan kalau suatu saat ada pihak-pihak lain yang mempermasalahkan, nantinya bisa ribet dan ricuh. Maka dari itu, kami akan membantu mengurusnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Yazid Manan selaku Ketua Dewan Masjid Kabupaten Pasuruan menambahkan, jumlah masjid di Kabupaten Pasuruan yang sudah atau belum ber-IMB masih dalam tahap pendataan bersama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan. Dengan launchingnya program kepengurusan IMB 1500 masjid, pihaknya merasa lega, karena secara hukum masjid tersebut telah diakui.

“Jumlah masjid banyak sekali. Kalau kita hitung-hitung jumlahnya lebih dari 10 ribu unit. Maka dari itu saya ucapkan terima kasih untuk PCNU dan Bupati Irsyad yang telah peduli dengan keberadaan masjid di Kabupaten Pasuruan,” jelasnya. (mil/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

16 April 2017, Ikuti Meet ‘N Greet Bersama Mustofa Atef di Ponpes Hidayatullah Gondang Wetan

Hari Ini, Digelar Istighosah Akbar Harlah NU di Bangil Berhadiah Umroh