00:40 - Sabtu, 18 November 2017
Selasa, 9 Mei 2017 | 17:48

Hasilkan 42.000 Ton, Pasuruan Disebut Penyokong Terbesar Jagung Di Jatim

Kejayan (wartabromo.com) – Kabupaten Pasuruan disebut sebagai salah satu penyokong jagung terbesar di Jawa Timur dengan menghasilkan 42.000 ton per hektar, berada di lahan seluas 44.151 hektar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, di sela acara Panen Raya Jagung Hibrida di Desa Sladi Kecamatan Kejayan, Selasa (9/5/217).

“Alhamdulillah, Kabupaten Pasuruan adalah daerah yang memiliki potensi jagung yang luar biasa di Jatim. Dari produksi jagung di Jatim yang mencapai 1,2 juta per hektar, Kabupaten Pasuruan mampu menghasilkan 42.000 ton/hektar,” jelasnya.

IMG_0448

Sementara Irsyad mencatat dari hasil produksi jagung tersebut, nilai provitas-nya mencapai 62,78 kwintal per hektar atau 6,28 ton per hektar dengan nilai produktifitas mencapai 277,192 ton.

Oleh karenanya, Bupati yang biasa dipanggil Gus Irsyad berharap agar para petani jagung tetap berkomitmen membantu pemerintah daerah dengan terus menanam jagung sehingga ketersediaan jagung meningkat.

Sehingga selain dapat memperoleh keuntungan dan kesejahteraan petani, juga dapat memberikan value baik kepada masyarakat sekitar hingga berkembang memajukan dunia pertanian di wilayah Kabupaten Pasuruan secara keseluruhan.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Ihwan, saat mendampingi Bupati menyebutkan total luasan lahan milik swadaya masyarakat seluas 52 hektar.

“Kebetulan yang sudah panen ada 10 hektar, sisanya menunggu beberapa hari lagi,” kata Ihawan.

Seperti diketahui, Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan saat ini telah menyebar benih jagung hibrida di lahan seluas 6.500 hektar se-Kabupaten Pasuruan.

Ditambahkannya, bantuan benih tersebut sudah sampai di tangan kelompok petani dan siap untuk ditanam.

Kegiatan Panen Raya Jagung tersebut, dihadiri langsung oleh Dirjen Sarana dan Prasarana Pertanian Kementerian Pertanian RI, Pending Dadih Permana dan Achmad Nur Falaqih Kabid Produksi Tanaman Pangan Dinas Pertanian Jawa Timur hadir selain jajaran Muspimda Kabupaten Pasuruan. (mil/ono)

Komentar Anda

Komentar

Menteri BUMN Desak KPUPR Segera Lelang Tol Probowangi

Dirjen Prasarana Pangan, Pending Dadih Permana Sebut Pasuruan Cocok Ditanami Jagung