Pemangsa Ternak, Ular Piton 4 Meter ditangkap Warga Nogosari

0
143

Pandaan (wartabromo.com) – Seekor ular piton berukuran 4 meter dengan berat 16 kilogram ditangkap warga Desa Nogosari, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Minggu (27/8/2017). Ular ini dianggap meresahkan, karena kerap memangsa ternak milik warga dalam beberapa waktu terakhir.

Ular besar tersebut pertama kali diketahui dua anak kecil yang tengah bermain di sekitar sungai kecil Dusun Nampes gang 4 Desa Nogosari sekitar 06:30 WIB pagi.

Kedua bocah dikatakan sempat ketakutan, hingga akhirnya keberadaan ular dilaporkan ke Edy Sugiyono, salah seorang ayahdari mereka.

“Tadi saya kaget pas lagi nyantai di rumah, tiba-tiba anak saya berteriak ada ular depan rumah,” ujar Edy.

Mendengar teriakan, Edy pun segera keluar dan mendapati ular tengah bersembunyi di rerumputan sungai, yang berada di seberang Jalan PT Tristex Indonesia tersebut.

Kemudian bersama warga lainya, ia mengepung ular piton itu. Kurang setengah jam kemudian, warga akhirnya berhasil menangkapnya.

Disebutkan jika ular paiton ini diduga kerap memangsa hewan ternak warga, seperti ayam hingga kelinci.

Beberapa waktu terakhir, warga yang mengaku kehilangan ternak melihat jejak hewan merayap ini membekas di sekitar rumah.

Namun demikian, sampai saat ini sejumlah warga menuturkan masih merasa resah karena ada sedikitnya dua ekor ular lagi yang bakal berkeliaran di pemukiman.

Pasalnya, pada saat mengepung ular, dua ekor ular lainnya dengan ukuran sedikit lebih kecil, tiba-tiba muncul ke permukaan. Warga saat itu tidak mampu mengejar meskipun berhasil menangkap ular paiton yangberukuran 4 meter tersebut.

“Belum tahu, apakah ular ini akan di lepas atau diserahkan  ke kebun binatang,” ujar Fauji, seorang warga lain menambahkan.

Ular tersebut menjadi tontonan warga. Bahkan tidak sedikit, pengendara motor yang melintas di jalan desa jurusan Pandaan-Gununggansir Beji tersebut memanfaatkan momen temuan ular dengan berswafoto. (fik/ono)