Listrik RS Soedarsono Padam, Ini Dugaan Penyebabnya

0
50

Pasuruan (wartabromo.com) – Padamnya listrik di RSUD dr R Soedarsono pada Jum’at (1/12/2017) petang kemarin, dipicu rangkaian panel pengatur aliran listrik panas hingga mengakibatkan konslet dan terbakar.

Dugaan penyebab peristiwa pemadaman listrik tersebut terungkap, setelah pihak rumah sakit bersama teknisi kelistrikan, seharian ini membongkar seluruh matrial terbakar di ruang panel itu.

Direktur rumah sakit, Hendra Romadhon mengungkapkan, ikhtiar tersebut merupakan bagian untuk mengungkapkan dugaan penyebab panel terbakar.

Meski belum secara pasti, Hendra memberikan sejumlah catatan temuan yang diperkirakan menjadi penyebab listrik di rumah sakit yang dipimpinnya padam.

Kondisi sirkulasi udara, menjadi awal rangkaian panel pengatur listrik mengalami panas. Diketahui ruangan panel berukuran 6×6 meter itu memiliki empat ventilasi udara berukuran rata-rata satu jengkal.

Selain itu, faktor usia rangkaian panel yang telah uzur, disebut-sebut menjadi salah satu faktor pemicu, hingga tidak mampu menahan beban listrik yang saat itu juga diperparah suhu panas ruangan panel.

Hendra tidak bisa menyebutkan prakiraan suhu ruangan waktu itu, sehingga rangkaian pengatur listrik itu konslet bahkan kemudian terbakar.

Ditegaskan, usai pembenahan ruangan nanti, pihak rumah sakit akan menambah blower, untuk memperbaiki suhu ruangan dibandingkan sebelumnya.

Ia juga memastikan, penyebab kebakaran ruangan tersebut bukan konsleting oleh adanya air bocor atap ruangan. Namun, pihaknya lagi-lagi belum memastikan kemungkinan atap bocor, paska ruangan itu terbakar.

“Kalau sepintas, atapnya aman-aman saja,” kata Hendra.

Sampai warta ini disusun, beberapa teknisi kelistrikan rumah sakit terlihat sibuk membersihkan sejumlah alat dan perlengkapan bagian dari panel yang tampak masih utuh.

“Kalau kerugian, perkiraan puluhan juta rupiah,” imbuhnya.

Diwartakan, listrik rumah sakit umum daerah (RSUD) R Soedarsono Kota Pasuruan, padam, Jumat (1/12/2027).

Sempat terdengar ledakan disusul dengan kepulan asap hitam di ruangan panel pengatur listrik, yang berada di sisi utara gedung rumah sakit sekitar pukul 17.20 WIB. (ozi/ono)