Ini Penjelasan RSUD Bangil terkait Kebakaran yang Hanguskan Gudang Barang Bekas

0
75

Bangil (wartabromo.com) – Gudang barang bekas di RSUD Bangil, Kabupaten Pasuruan, terbakar, Rabu (23/5/2018). Pihak rumah sakit belum pastikan penyebab kebakaran.

Kegamangan terkait penyebab kebakaran itu, lantaran pihak rumah sakit masih harus menunggu penyelidikan kepolisian.

Hanya saja, ada dua hal yang bisa dinyatakan menjadi penyebab kebakaran, yang sempat membuat panik pasien di rumah sakit plat merah ini.

“Kalau penyebab belum pasti, tapi diduga dua hal yaitu kosleting listrik dan gesekan kertas kering. Disitu banyak kertas arsip, meja kursi bekas. Ditaruh disitu semua,” ujar dr. Ghozali, Humas RSUD Bangil.

Dijelaskannya, kertas-kertas itu diperkirakan saling bergesekan, akibat suhu panas dalam ruangan. Akibatnya, muncul api dan membakar hampir seluruh material lain, mulai meja-kursi bekas ataupun perabotan bekas, hingga bahan mudah terbakar lain.

“Setelah muncul api dan asap, pasien kami evakuasi ke ruang lain,” imbuhnya.

Setidaknya pasien-pasien yang berjarak dalam radius 100 meter dari lokasi gudang terbakar, dievakuasi ke tempat lain, salah satunya di UGD RS Bangil.

Sampai warta ini disusun, petugas pemadam terlihat masih sibuk melakukan pembasahan di areal gudang terbakar. Upaya itu dilakukan, mencegah kemungkinan api kembali berkobar.

Belum ada taksiran jumlah kerugian yang dialami oleh rumah sakit akibat kebakaran ini. (ono/ono)