Hutan Lereng Arjuno Terbakar

1758

Pasuruan (wartabromo.com) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di wilayah Gunung Arjuno, Sabtu (15/9/2018). Belum diketahui penyebab kebakaran ini.

Dari sejumlah informasi, kebakaran terjadi di seputar jalur pendakian blok 36 dan Banyu Kuning, diketahui sekitar pukul 11.00 WIB.

Beberapa sumber mengungkapkan, titik lokasi lahan terbakar itu, juga termasuk berada di bawah Lembah Kijang.

Api saat ini masih belum dapat dikendalikan. Bahkan, beberapa sumber mengatakan, api yang membakar alang-alang dan pepohonan itu, terus merembet di areal yang berdekatan dengan jalur pendakian itu. Cuaca panas diperparah hembusan angin, membuat api di lereng Gunung Arjuno tersebut sulit untuk dijinakkan.

Akibat peristiwa kebakaran ini, jalur pendakian di Gunung Arjuno, untuk sementara waktu ditutup. Belum ada laporan adanya pendaki yang memuncak pada akhir pekan ini.

Baca Juga :   Persekabpas Curi Poin Penuh di Kandang Putra Jombang

“Sementara pendakian ditutup,” kata Rudi, petugas pos pendakian Arjuno Welirang.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran hutan dan lahan ini. Petugas dibantu sejumlah relawan juga masih sibuk melakukan upaya pemadaman. Hanya saja ikhtiar itu terkendala ketiadaan air, sehingga hanya menggunakan dahan dan ranting pohon, yang dipukul-pukulkan ke bara api. (ono/ono)