Payah! Buat Kartu Keluarga Di Kancapil Pasuruan, Lambat

983

Pasuruan (wartabromo) – Proses pengurusan pembuatan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan Surat Pindah serta Nomer Induk Kependudukan di Kantor Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pasuruan terkesan semrawut, sangat lamban dan tak tepat waktu.

Hal tersebut terbukti dengan lambatnya proses kepengurusan KTP, KSK, Akte maupun Surat Pindah Nomer Induk Kependudukan milik warga saya, di Desa Karangjati Kecamatan Pandaan. Padahal sudah saya ajukan ke pihak Capil sejak tanggal 5 januari 2012 lalu, yang secara prosedural seharusnya sudah selesai dalam jangka waktu satu minggu.

Rasa kecewa ini muncul setelah saya sudah dua kali mendatangi  Kantor Kependudukan Dan Catatan Sipil guna mengambil hasil akhir berkas dokumen milik warga, namun tak juga kunjung selesai hingga saat ini.

Pertamakali saya datang pada hari Jum’at (13/1/2012) lalu setelah mendapat janji manis dari pegawai setempat  bahwa semua berkas selesai pada hari itu. Namun pada kenyataannya, saya justru disuruh pulang dengan tangan hampa.

Kemudian terakhir saya datang lagi pada senin (16/1/2012) hari ini, namun lagi-lagi tak ada satu pun berkas selesai untuk saya bawa pulang sebagai bentuk pertanggungjawabkan pada warga karangjati yang sedang menanti.

Saya beranggapan bahwa petugas atau pegawai tidak memiliki kemampuan menyelesaikan berkas tepat waktu, hal tersebut terlihat ketika mereka beralasan jika berkas yang dikerjakan cukup banyak.

Ya, tentulah, itu kan sudah bagian dan kewajiban mereka untuk menangani dan melayani kebutuhan orang se-Kabupaten Pasuruan.

Lebih parah lagi, alasan kehilangan berkas masih saya jumpai di kantor se kelas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Pasuruan yang semestinya tidak terjadi.

Saya melihat langsung seorang rekan asal rembang yang terpaksa marah-marah pada petugas karena berkasnya dinyatakan hilang. Padahal rencananya KTP tersebut akan segera dibuat untuk mengurus pembuatan dokumen Haji tahun ini. Hmmm…

Terakhir, yang menjadi pertanyaan dalam hati saya, dimana kemudian semboyan “Pelayanan Sebelum Anda Berdiri Berkas Sudah Selesai”. 

Anton Prasetyo

Kaur Bagian Umum
Desa Karangjati Kecamatan Pandaan

(yog/yog)