05:19 - Kamis, 19 Juli 2018
Sabtu, 4 April 2015 | 00:47

Longsor lalu Banjir Bandang di Pasuruan, Warga Mengungsi

banjir-pasuruanPasrepan (wartabromo) – Selain banjir bandang, hujan yang mengguyur kawasan pegunungan bromo juga mengakibatkan longsor terjadi di beberapa titik akses jalan dan rumah warga di Kecamatan Tosari, Pasuruan, Jumat (3/4/2015) sore.

Informasi yang didapatkan wartabromo menyebutkan bahwa longsor terjadi di beberapa titik yakni di Watukarung, Baledono dan Podokoyo Kecamatan Tosari.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana mengatakan, longsor terjadi pada Jumat sore di sejumlah titik antara lain, Baledono dan 2 titik di Desa Tlogosari serta satu rumah milik warga di Desa Podokoyo.

“Tidak ada korban jiwa, namun warga dibantu petugas sudah berusaha untuk membersihkan longsoran. Kita belum menerjunkan tim ke sana,” ujar Bakti.

Menurutnya, pihaknya masih fokus untuk melakukan penanganan banjir bandang yang terjadi di 3 Kecamatan terutama Kecamatan Pasrepan dan Kejayan. Baca : Diterjang Banjir Bandang, 2 Jembatan Antar Desa Terputus

“Kita masih fokus di sini,” katanya.

Sementara itu, meski tidak separah dua kecamatan lainnya, Banjir bandang mengakibatkan ribuan rumah di Kecamatan Gondangwetan, Pasuruan terendam air bercampur lumpur dengan ketinggian kisaran 1 meter.

Camat Gondang Wetan, Drajat Utomo mengatakan, terdapat sekitar 1.270 rumah warga yang tergenang banjir sejak Jumat sore yakni di Desa Bajangan sebanyak 400 rumah, Desa Sekarputih sebanyak 700 rumah, Desa Tebas sebanyak 130 rumah, Desa Ranggeh sebanyak 70 rumah dan Pekangkungan sebanyak 50 rumah.

“Kami bersama BPBD sudah membantu proses evakuasi warga. Tadi yang di Desa Ranggeh diungsikan pakai motor karena gang sempit,” katanya.

Banjir bandang yang dialami oleh warga di 3 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan ini terjadi sekitar pukul 16.30 Wib akibat luapan sungai petung setelah hujan deras yang mengguyur di kawasan pegunungan Bromo. Baca : 24 Rumah Warga Rusak Terseret Banjir Bandang

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan menyebutkan, hingga malam ini tercatat sebanyak 24 rumah rusak parah terseret arus dan ratusan rumah rusak ringan yakni di Kecamatan Kejayan dan Kecamatan Pasrepan. (yog/yog)

Filed in

Diterjang Banjir Bandang, 2 Jembatan Antar Desa Terputus

Inilah Dampak Longsor dan Banjir Bandang 7 Kecamatan di Pasuruan